Minum Jus Buah Bikin Gemuk, Ini 8 Alasannya

Rosmha Widiyani - wolipop Kamis, 05 Mar 2020 09:44 WIB
Jus buah Foto: iStock/Minum Jus Buah Bikin Gemuk, Ini 8 Alasannya
Jakarta -

Jus buah dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tiap hari. Namun pada beberapa kasus berlaku sebaliknya, konsumsi jus buah bikin gemuk.

Biasanya bukan konsumsi buah yang justru bikin gemuk. Ada beberapa 'kesalahan' yang dilakukan saat minum atau bikin jus buah. Kesalahan meracik jus buah justru berakibat naiknya berat badan.

Ini 8 hal yang harus diperhatikan untuk mencegah minum jus buah bikin gemuk,

1. Terlalu banyak gula

Jus kerap kali ditambah gula atau kental manis supaya rasanya makin segar. Tambahan gula bisa mengakibatkan minum jus buah bikin gemuk, apalagi bila buah yang digunakan sudah manis. Dikutip dari healthday, contoh buah ini adalah mangga, pisang, nanas, bit, atau wortel.

2. Tidak konsumsi makanan padat

Minum jus buah bukan berarti tidak perlu konsumsi makanan padat, meski perut tidak terasa lapar. Tidak makan atau konsumsi terlalu sedikit, berisiko memperlambat kerja metabolisme dan mengganggu fungsi tubuh. Konsumsi makanan padat tetap diperlukan namun dipilih yang sehat, misal sayuran dan potongan buah segar.

3. Minum jus saat perut penuh

Jus buah yang minim gula sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong, sehingga nutrisinya bisa terserap sempurna. Perut yang sudah diisi buah tidak terlalu lapar, sehingga bisa memilih konsumsi makanan yang lebih sehat. Minum jus buah saat perut penuh berisiko mengganggu sistem pencernaan, memperlambat metabolisme, dan bikin gemuk.

4. Jus buah tidak langsung diminum

'Kesalahan' berikutnya yang mengakibatkan minum jus buah bikin gemuk adalah tidak langsung diminum. Menyimpan jus terlalu dalam kulkas berisiko menghilangkan enzim, nutrisi, dan vitanutrien, serta meningkatkan kadar gula dalam jus buah. Minum jus buah sebaiknya dilakukan secepatnya atau paling lama 15 menit setelah dibuat.

5. Konsumsi jus buah yang sama

Buah dan sayur yang menjadi bahan jus sebaiknya diganti tiap tiga hari. Konsumsi buah yang sama berisiko mengakibatkan tubuh tidak menyerap nutrisi, enzim, dan vitamin dengan efektif. Akibatnya konsumsi jus buah justru berisiko buruk untuk kesehatan.

6. Ada bagian buah yang terbuang

Saat bikin jus buah biasanya bagian kulit atau biji dibuang, karena dirasa tidak bermanfaat. Namun bagian tersebut kadang justru mengandung nutrisi lebih banyak dibanding daging buah. Karena itu sebelum ngejus, sebaiknya perhatikan apakah bagian kulit dan biji apakah bisa diikutkan dalam jus.

7. Tidak konsisten minum jus

Sama seperti makan, kesibukan dan gaya hidup kadang mengakibatkan minum jus buah tidak bisa konsisten. Akibatnya, tubuh tidak menerima manfaat maksimal dari jus buah. Konsumsi jus buah dan sayur dengan minim gula sebaiknya dilakukan tanpa jeda supaya tubuh mendapat hasil terbaik.

8. Tidak minum cukup air putih

Konsumsi jus buah yang berbentuk cairan, bukan berarti mengurangi jumlah air putih yang harus diminum tiap hari. Minum cukup air putih menjaga fungsi organ, sistem pencernaan, dan metabolisme tubuh. Konsumsi jus buah dan air putih harus dilakukan bersamaan, untuk mencegah tubuh jadi gemuk dan tetap sehat.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)