Manfaat Daun Bidara, Sembuhkan Luka Hingga Atasi Kulit Kering

Lusiana Mustinda - wolipop Minggu, 01 Mar 2020 06:40 WIB
daun bidara Manfaat daun bidara. Foto: iStock
Jakarta -

Buah dari pohon bidara biasanya dimanfaatkan untuk dibuat manisan. Namun daun bidara ternyata menyimpan banyak manfaat. Apa saja ya?

Daun yang masih muda dari pohon bidara bisa dijadikan sayuran. Akan tetapi daun bidara jika diremas dengan air agak sedikit berbusa. Sehingga pengobatan tradisional sering menggunakan air rebusan daun bidara.

Tak banyak yang tahu tentang daun bidara? Pohon daun bidara adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering.

Ada mitos tentang daun bidara yang disebut-sebut dapat membantu mengusir gangguan jin dan setan. Meski terdengar agak tidak masuk akal, ada beberapa kepercayaan yang membaca doa dengan membawa daun bidara.

Apa Manfaat Daun Bidara?

1. Menyembuhkan Luka

Manfaat daun bidara.Manfaat daun bidara. Foto: Thinkstock

Daun bidara mengandung alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin hingga minyak atsiri. Akan tetapi semua kandungan ini ada lebih banyak di akar bidara.

Daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Kandungan senyawa glikosida di daun bidara membantu menghilangkan bekas luka bakar atau bekas goresan.

Cara pengaplikasiannya adalah mengonsumsi air rebusan daun bidara dan mengoleskannya pada luka.

2. Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun bidara.Manfaat daun bidara. Foto: iStock

Daun bidara juga bisa membantu mengempiskan jerawat. Caranya adalah menyiapkan beberapa lembar daun bidara kemudian ditumbuk halus. Tambahkan sedikit lemon hingga kental.

Lalu oleskan pada bagian yang berjerawat dan diamkan hingga mengering. Bilas hingga bersih.

3. Mencegah Kulit Kering

Manfaat daun bidara.Manfaat daun bidara. Foto: iStock

Tak hanya berjerawat, daun bidara juga bisa membantu kulit tetap lembap. Daun bidara dikenal sebagai bahan perawatan kecantikan kulit sudah dilakukan sejak zaman China kuno. Bisa mencegah kulit kering, daun bidara dapat digunakan untuk perawatan kulit tangan, kaki hingga wajah.

4. Perawatan Kecantikan

Manfaat daun bidara.Manfaat daun bidara. Foto: Shutterstock

Daun bidara juga dapat mengatasi penuaan dini dan mencegah keriput ataupun lingkaran hitam. Ambil beberapa lembar daun bidara dan tumbuk halus serta campur dengan air hingga kental. Gunakan sebagai masker hingga kering dan bilas dengan air hangat agar wajah tetap bersih terawat.

5. Mengatasi Flu

Manfaat daun bidara.Manfaat daun bidara. Foto: iStock

Daun bidara mengandung antibakteri yang bisa menangkal virus dan bakteri. Pada dasarnya flu disebabkan oleh virus yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun bidara.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat daun bidara.Manfaat daun bidara. Foto: thinkstock

Kesehatan mulut tidak hanya bisa dijaga dengan menggosok gigi tetapi bisa dengan daun bidara. Kandungan antioksidannya bisa membantu atasi masalah mulut seperti sariawan hingga bibir pecah-pecah.

7. Atasi Insomnia

Manfaat daun bidara.Manfaat daun bidara. Foto: ilustrasi/thinkstock

Punya masalah yang berhubungan tidur? Daun bidara mengandung saponin yang dipercaya bisa memberikan efek menenangkan. Mengonsumsi teh daun bidara bisa menghindari insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.



Simak Video "Gelar Miliarder Kylie Jenner Dicabut oleh Forbes"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)