Banjir Lagi, Tips Agar Kaki Nggak Kena Jamur Ini Perlu Dicoba

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 25 Feb 2020 14:11 WIB
Banjir masih menggenangi perempatan Grogol sisi jalan Satria, Latumenten, Jakarta Barat, Selasa (25/2/2020). Praktis, arus lalu lintas dari jalan Daan Mogot menuju Latumenten atau Pluit terputus. Pengendara harus memutar jauh hingga jalan S.Parman. Foto: Ari Saputra/Hari Ini Banjir, Tips Agar Kaki Nggak Kena Jamur Ini Perlu Dicoba
Jakarta -

Banjir hari ini yang menerjang wilayah Jakarta dan sekitarnya bisa mengganggu kesehatan. Salah satu kesehatan yang sering disepelekan adalah kaki.

Musim banjir bisa membuat kesehatan kaki terganggu. Apalagi kalau kaki kamu sering terkena air banjir dan setelahnya tidak langsung membersihkannya. Kaki bisa terkena jamur dan membuat kulit kaki jadi gatal hingga pecah-pecah.

Agar kesehatan kaki tetap terjada di musim hujan dan banjir, berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan seperti dikutip dari Boldsky:



Cuci Kaki

Musim hujan dan banjir seperti yang terjadi hari ini rasanya sulit untuk terhindar dari kaki yang basah. Kalau memang kamu harus menerjang banjir, segera bersihkan kaki mu setelahnya. Gunakan air bersih untuk mengguyur kaki. Jangan lupa gosok kaki dengan sabun antiseptik. Keringkan kaki dengan handuk bersih.

Pakai Pelembab

Menjaga kelembaban kaki sangat penting meskipun saat ini musim hujan dan banjir. Namun bukan berarti kamu membuat kaki tetap dalam kondisi lembab akibat terkena air banjir.

Tips agar kaki tetap sehat di musim banjir.Tips agar kaki tetap sehat di musim banjir. Foto: Getty Images/iStockphoto/unomat



Cara yang benar menjaga kelembaban kaki adalah dengan memakai pelembab atau body lotion. Memakai moisturizer bisa meminimalisir stres pada kaki yang banyak digunakan untuk beraktivitas.



Potong Kuku

Rutinlah memotong kuku kaki. Namun jangan juga memotongnya terlalu pendek karena akan membuatmu tidak nyaman saat berjalan. Cukup potong kuku hingga rata dan haluskan tepi kuku. Sebaiknya kamu juga rutin mencuci guting kuku yang digunakan.

Scrub Kaki

Melakukan scrub kaki bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kaki akan lembut dan halus. Saat melakukan scrub hindari menggosok kaki terlalu keras. Jika tak punya produk scrub kaki, kamu bisa membuat sendiri.

Cara membuat scrub kaki sendiri: 1. Campurkan gula atau garam dengan baby oil, 2. Aduk kedua campuran itu hingga menjadi pasta yang kental, 3. Oleskan campuran tersebut ke seluruh kaki, kemudian pijat secara perlahan dengan arah melingkar, selama lima menit, 4. Terakhir scrub kaki dengan tangan atau batu yang halus, dan bersihkan kaki dengan air dingin setelahnya.



Simak Video "Kreatif! Aneka Boneka Lucu dari Kaos Kaki"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)