Tanda-tanda Serangan Jantung Saat Tidur yang Perlu Diwaspadai

Hestianingsih - wolipop Jumat, 21 Feb 2020 20:00 WIB
ilustrasi serangan jantung Ilustrasi serangan jantung saat tidur. Foto: thinkstock
Jakarta -

Serangan jantung bisa terjadi secara mendadak. Bahkan seseorang bisa terkena serangan jantung saat tidur dan menyebabkan kematian.

Secara garis besar serangan jantung merupakan kondisi ketika aliran darah yang mengangkut oksigen ke otot jantung tersumbat. Serangan jantung saat tidur bisa berakibat fatal dan sangat penting untuk mengetahui beberapa gejalanya.

Beberapa gejala yang dirasakan saat tidur ini bisa mengindikasikan kalau seseorang lebih berisiko terkena serangan jantung mendadak. Berikut ini beberapa tanda serangan jantung saat tidur, seperti dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Selalu Mendengkur Saat Tidur

Kebiasaan ngorok atau mendengkur bisa jadi salah satu tanda kalau seseorang berisiko tinggi terkena serangan jantung saat tidur. Seperti dikutip dari Express, mendengkur disebabkan karena lidah yang tidak mendapat cukup ruang di bagian belakang tenggorokan dan sering kali menjadi penyebab utama sleep apnea (henti napas selama 10-20 menit ketika tidur).

Tubuh memiliki beberapa senyawa kimia pada otak yang bertugas memicu pernapasan. Tapi ketika seseorang tidur, pemicu ini gagal melakukan tugasnya. Alhasil level oksigen menurun secara drastis dan menyebabkan hormon penyebab tekanan darah tinggi seperti kortison dan adrenalin meningkat, mengakibatkan detak jantung tak stabil dan akhirnya memicu serangan jantung saat tidur.

Tanda-tanda Serangan Jantung Saat Tidur yang Perlu DiwaspadaiIlustrasi serangan jantung saat tidur. Foto: DW (News)


2. Sesak Napas

Gejala serangan jantung saat tidur biasanya ditandai dengan dada yang terasa sesak. Kondisi sesak napas ini bisa berlangsung selama beberapa menit kemudian hilang.

Namun perlu diingat bahwa gejala serangan jantung tidak selalu soal sesak napas saja. Menurut dr Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), dari RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, serangan jantung terkadang terasa seperti masuk angin seperti demam dan berkeringat.

3. Nyeri yang Menjalar ke Lengan dan Anggota Tubuh Lainnya

Serangan jantung saat tidur bisa ditandai dengan rasa nyeri atau tidak nyaman pada lengan. Menurut American Heart Association (AHA), terkadang rasa sakit itu juga menjalar ke area leher, punggung, perut dan rahang.

Tanda-tanda Serangan Jantung Saat Tidur yang Perlu DiwaspadaiIlustrasi serangan jantung saat tidur. Foto: Thinkstock


4. Rasa Tidak Nyaman Pada Bagian Tengah Dada

Jurnal Harvard Medical School menjelaskan serangan jantung saat tidur juga ditandai dengan rasa tidak nyaman pada bagian tengah dada yang berlagsung selama beberapa menit, atau tiba-tiba hilang dan muncul kembali. Ketidaknyamanan ini bisa berupa rasa tertekan yang tidak nyaman, dada seperti diremas atau sakit.


5. Napas Pendek-pendek

Ketika seseorang tak sanggup mengambil napas panjang, bisa menjadi salah satu gejala serangan jantung saat tidur. Biasanya ditandai dengan napas yang pendek-pendek sebelum atau saat terjadi rasa tidak nyaman pada dada.

6. Gejala-gejala Lainnya

Gejala lain yang patut diwaspadai sebagai serangan jantung saat tidur adalah banyak keluar keringat dingin. Bisa juga muncul rasa mual, pusing, sakit pada tenggorokan dan rahang, dan heartburn (sensasi terbakar atau panas di dada dan kerongkongan).

Itulah beberapa tanda serangan jantung saat tidur. Informasi ini sebaiknya tidak harus ditanggapi dengan kepanikan, tapi penting diingat untuk meningkatkan kewaspadaan, sehingga ketika terjadi serangan jantung saat tidur bisa segera ditanggulangi.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)