Waspadai 5 Kondisi Kaki yang Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 20 Feb 2020 05:30 WIB
Orang-orang yang sedang duduk, dan hanya tampak kaki bagian bawah saja. Kondisi kaki yang bisa ungkap masalah kesehatan. Foto: iStock
Jakarta -

Kaki bagi sebagian besar orang bukan bagian tubuh yang sering diperhatikan kondisinya. Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada dirimu. Berikut lima kondisi kaki yang bisa mengungkap masalah kesehatanmu:

1. Kering Terkelupas


Banyak wanita yang mengalami kondisi kaki kering dan kulit mengelupas. Beberapa di antaranya membiarkan hal tersebut terjadi karena berpikir hanya pergantian kulit biasa. Ketika tumit kaki mengering, pecah-pecah, atau mengelupas bisa menjadi tanda ada masalah pada kelenjar tiroid kamu. Kelenjar tiroid memproduksi hormon untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, tekanan darah, dan fungsi sistem saraf. Kulit kaki yang kering bisa menandakan kelenjar tiroid Anda bermasalah.

Tidak melulu demikian, kulit yang kering juga bisa diakibatkan karena perubahan cuaca. Namun bila kamu melihat kulit kaki mengering disertai gejala lainnya seperti penambahan berat badan, penglihatan bermasalah, sebaiknya konsultasikan ke dokter.



2. Rambut di Jari Kaki


Perhatikan rambut yang tumbuh di jari kaki kamu. Biasanya wanita tetap memiliki rambut di jemari kaki walaupun tidak sebanyak pria. Bila rambut menjadi lebih sedikit bahkan botak, bisa menjadi tanda aliran darah yang buruk. Kamu bisa mengalami Peripheral Arterial Disease (PAD) atau keadaan di mana sirkulasi arteri menyempit sehingga mengurangi aliran darah ke kaki.

Jika tidak diobati maka bisa berisiko terkena serangan jantung atau stroke. Untuk mencegahnya, kamu disarankan mulai mengatur pola hidup sehat dengan tidak merokok, olahraga teratur, dan diet seimbang.

3. Kaki Mati Rasa


Bila kamududuk dalam satu posisi yang terlalu lama terkadang kaki menjadi mati rasa. Hal itu juga disebabkan oleh aliran darah yang kurang lancar. Namun perlu diperhatikan, ketika kaki sering mati rasa bisa kemungkinan gejala diabetes. Sebaiknya periksa ke dokter bila sering merasakan gejala ini.



4. Bawah Kuku Menghitam


Ketika kamu tidak sengaja menjatuhkan barang berat ke atas kaki maka bisa memungkinkan kuku berubah menjadi biru. Perubahan warna kuku yang menggelap bisa menjadi tanda kamu memiliki masalah kesehatan.

Bila kamu melihat perubahan warna seperti garis-garis hitam atau cokelat di bawah kuku tapi tidak terbentur sesuatu yang keras, kamu dianjurkan pergi ke dokter. Garis gelap di bawah kuku kaki bisa menjadi tanda kanker kulit melanoma. Namun tidak selalu demikian, perubahan warna kuku yang menjadi gelap bisa karena infeksi jamur.

5. Kaki Sakit di Pagi Hari


Sering merasa sakit seperti panas atau nyeri pada kaki setiap pagi? Itu bisa menunjukkan bahwa kamu mengalami artritis reumatoid atau peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian. Kamu disarankan untuk berolahraga teratur bila sering mengalaminya. Akan tetapi, sering sakit pada kaki di pagi hari juga bisa karena kram otot.





Simak Video "Kaos Kaki Nyentrik PM Kanada Justin Trudeau yang Curi Perhatian"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)