Riset Ungkap Suka Marah-marah Bisa Bikin Berat Badan Naik

Vina Oktiani - wolipop Senin, 17 Feb 2020 12:12 WIB
ilustrasi marah Kemarahan Sebabkan Obesitas / Foto: Ilustrasi/ Thinkstock
Jakarta -

Memiliki tubuh ideal dan proporsional menjadi idaman banyak orang. Dibutuhkan usaha dan niat untuk mendapatkannya. Seperti dengan rajin berolahraga, mengatur pola makan, dan menjalankan pola hidup sehat. Namun tahukah kamu bahwa untuk memiliki tubuh yang ideal, kamu juga perlu menjaga kestabilan kondisi emosionalmu? Faktanya, menjadi terlalu emosional atau mudah marah bisa membuat berat badan kamu jadi naik. Mengapa demikian?

Seperti dikutip dari Brightside, berdasarkan buku yang berjudul El que se enoja engorda (He Who Gets Angry Gets Fat), kemarahan bisa menjadi salah satu alasan mengapa seseorang mengalami peningkatan berat badan. Buku yang ditulis oleh ahli nutrisi asal Mexico, Juan Manuel Romero Villa ini meneliti hubungan antara emosi dan makanan yang kita makan.

Saat kamu sedang marah, tubuh akan mengeluarkan hormon adrenaline dan kortisol. Ini adalah hormon sama yang akan dikeluarkan saat kamu mengalami stres atau depresi. Akibatnya, kadar gula darahmu akan meningkat. Umumnya, hormon ini akan diproduksi saat sedang berolahraga. Namun jika hormon ini diproduksi karena sedang marah maka glukosa yang dihasilkan tidak akan terpakai sel tubuh dan pada akhirnya akan tersimpan menjadi lemak tubuh.

Penelitian ini telah dilakukan selama lebih dari 1 dekade atau 10 tahun. Dalam penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa banyak pasien kelebihan berat badan yang memiliki masalah kemarahan yang sama. Hal ini semakin membuktikan bahwa obesitas memiliki kaitan yang cukup erat dengan kemarahan dan kondisi emosional yang dimiliki. Walaupun demikian, suka marah-marah memang bukanlah satu-satunya faktor penyebab obesitas karena kegemukan juga bisa terjadi karena pola makan yang buruk dan kurang berolahraga.

Emosi negatif yang dimiliki, seperti kemarahan, kesedihan, atau stres dan depresi juga dapat berdampak pada pola makan dan menyebabkan kenaikan berat badan. Oleh sebab itu untuk menghindari obesitas, selain dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti, berolahraga dan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, kamu juga perlu bisa mengontrol emosi yang kamu miliki.



Simak Video "Tips & Trick Menggunakan Eyeshadow bagi Pemula"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)