6 Camilan untuk Penderita Maag agar Tidak Kambuh

Hestianingsih - wolipop Selasa, 11 Feb 2020 18:09 WIB
maag Ilustrasi camilan untuk penderita maag. Foto: iStock
Jakarta -

Penderita maag harus selalu siap sedia camilan untuk mencegah maag kambuh hingga menyebabkan sakit perut. Tapi tidak semua camilan sesuai untuk penderita maag.

Camilan untuk penderita maag sebaiknya bebas alkohol, kafein, tidak tinggi garam, terlalu manis, pedas maupun asam. Supaya aktivitas sehari-hari berjalan lancar setidaknya kamu perlu makan camilan 2-3 jam sekali di sela jam makan utama.

Seperti apa saja camilan untuk penderita maag? Berikut ini beberapa camilan untuk penderita maag yang aman bagi perut bermasalah.

1. Yoghurt

6 Camilan untuk Penderita Maag agar Tidak KambuhYoghurt salah satu jenis camilan untuk penderita maag. Foto: iStock


Seperti dikutip dari WebMD, yoghurt merupakan salah satu camilan untuk penderita maag yang ideal. Meskipun rasanya asam, tapi tidak cukup asam untuk melukai perut. Yoghurt mengandung bakteri baik probiotik yang membantu mengatasi maag dengan melawan infeksi H. pylori, salah satu bakteri penyebab sakit maag.


2. Apel

6 Camilan untuk Penderita Maag agar Tidak KambuhApel salah satu jenis camilan untuk penderita maag. Foto: iStock


Apel merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat dan ideal dikonsumsi sebagai camilan untuk penderita maag. Diktuip dari Health Line, makanan berserat tinggi bisa menurunkan tingkat keasaman pada lambung sekaligus mengatasi rasa kembung dan perih. Sejumlah penelitian juga menunjukkan kalau diet tinggi serat bisa membntu mencegah sakit maag.

3. Ubi Rebus

6 Camilan untuk Penderita Maag agar Tidak KambuhUbi rebus salah satu jenis camilan untuk penderita maag. Foto: iStock


Camilan untuk penderita maag yang selanjutnya adalah ubi jalar berwarna oranye, atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama ubi madu Cilembu. Ubi jalar berwarna kuning atau oranye kaya akan vitamin A yang terbukti dapat membantu mengatasi maag.

4. Brokoli Kukus

6 Camilan untuk Penderita Maag agar Tidak KambuhBrokoli kukus salah satu jenis camilan untuk penderita maag. Foto: Getty Images


Dilansir Medical Nees Today, brokoli mengandung sulforaphan yang berkhasiat sebagai antibakteri yang melawan bakteri penyebab sakit maag H. pylori. Makan sayuran berwarna hijau ini dapat mencegah atau meredakan perut yang tak nyaman karena gastritis. Secangkir brokoli kukus bisa dijadikan pilihan camilan untuk penderita maag antara jam makan siang dan malam.


5. Bubur Oatmeal

6 Camilan untuk Penderita Maag agar Tidak KambuhBubur oatmeal salah satu jenis camilan untuk penderita maag. Foto: iStock


Makanan terbuat dari gandum utuh, termasuk di dalamnya bubur oatmeal kaya akan serat yang baik bagi lambung. Oleh karena itu bubur oatmeal bisa jadi alternatif camilan untuk penderita maag. Selain untuk camilan, bubur oatmeal juga bisa menjadi menu sarapan untuk penderita maag.

Berdasarkan penelitian Physicians Health Study yang dilakukan mahasiswa Harvard, orang yang mengonsumsi 11 gram serat atau lebih risiko terkena maag 32 persen lebih rendah.

Makanan berserat baik sebagai camilan untuk penderita maag, karena serat berada lebih lama di dalam lambung, sehingga perut tidak akan kosong dalam waktu lama. Selain itu serat yang terkandung dalam oatmeal juga membentuk lapisan tipis yang melindungi dinding lambung dari cairan asam. Kamu bisa makan bubur oatmeal dicampur madu atau buah-buahan agar rasanya lebih enak dinikmati.

6. Pisang Raja

6 Camilan untuk Penderita Maag agar Tidak KambuhPisang raja salah satu jenis camilan untuk penderita maag. Foto: iStock


Pisang raja membantu mengatasi iritasi maupun infeksi dinding lambung karena kandungan antibakteri nya. Sejumlah studi yang diujicobakan pada tikus menunjukkan bahwa pisang raja yang masih berwarna hijau bisa mencegah maag sekaligus menyembuhkan. Efeknya akan lebih terasa jika pisang raja masih hijau dan belum terlalu matang. Sebagai camilan untuk penderita maag, disarankan mengonsumsi pisang raja dengan cara dikukus, jangan digoreng, apalagi dengan tepung.


Itulah berbagai pilihan camilan untuk penderita maag. Hal yang perlu diperhatikan, pastikan enam camilan untuk penderita maag tersebut dikonsumsi tanpa digoreng atau dicampur dengan banyak gula maupun tepung terigu.



Simak Video "Tips untuk Orang Tua Agar Stay at Home Menyenangkan bagi Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)