Medina Zein dan Riwayat Gangguan Mental Bipolar yang Dideritanya

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 30 Des 2019 14:25 WIB
Medina Zein. Foto: Dok. Instagram
Jakarta - Medina Zein kembali menjadi perhatian ketika namanya terlibat kasus narkoba yang sebelumnya menjerat sang kakak ipar, Ibra Azhari. Medina Zein diketahui positif menggunakan narkoba jenis Amfetamin.

Sebelumnya, hijabers ini jadi pemberitaan pada September lalu karena melaporkan rekan bisnisnya, artis Irwansyah dalam kasus penipuan dan penggelapan dana. Medina Zein menuduh suami Zaskia Sungkar ini menggelapkan uang perusahaan Rp 2 miliar.

Namun, setelah kabar tentang perseteruan itu mereda, dan Medina Zein terlihat sudah kembali akrab dengan Zaskia Sungkar di media sosial, ia mengejutkan publik tentang pengakuan menderita gangguan mental. Medina Zein mengungkapkan bahwa dirinya mengidap bipolar tipe II.

"Aku sudah share di Instagram. Aku kena BPD (Bipolar Disorder) tipe dua, sama kayak Caca (Marshanda)," ujarnya belum lama ini seperti dikutip dari Detikhot.



Ibu dua anak ini pun menjelaskan bahwa ia telah mengetahui mengidap bipolar sebelum dirinya hamil. Pengakuan Medina Zein tentang dirinya yang mengidap gangguan mental bipolar ini pun dinyinyirin oleh netizen yang menganggap dirinya hanya mencari sensasi.

Medina Zein idap bipolarMedina Zein idap bipolar Foto: Medina Zein (dok.Instagram)


Pada unggahan Instagramnya, Medina Zein menjelaskan bahwa tidak ada niatnya untuk mencari sensasi . Ia pun ingin memberikan edukasi bahwa bipolar dan penyakit gangguan mental adalah anugerah dari Tuhan.

"Cari sensasi? Buat apa ampe kaya gak ada kerjaan 😂 lagian kalopun cari sensasi untung/rugi nya situ apa? 😂 Inget, hanya orang yang gak happy yang suka nyinyir ðŸĪŠ" Bipolar / BPD / apapun bukan sebuah kekurangan ,aku cuma mau edukasi orang bahwa mental health Atau mental illness itu bukan kekurangan tapi itu GIFT dari tuhan," tulis Medina Zein di Instagram.

Istri Lukman Azhari ini juga kerap berbagi kata-kata penyemangat di media sosial tentang penyakit gangguan mental. Medina Zein pun berharap bisa memotivasi para penderita kesehatan mental lainnya.

[Gambas:Instagram]



Bipolar Disorder atau gangguan bipolar yang diderita Medina Zein dapat ditandai dengan perubahan mood yang ekstrem. Istilah ini mengacu pada suasana hati penderitanya yang dapat berganti secara tiba-tiba.

Gangguan bipolar atau dikenal dengan manik depresi merupakan penyakit mental yang serius. Jika tidak ditangani dengan baik, dapat menghancurkan kehidupan, karir, bahkan mendorong seseorang untuk bunuh diri.



Penyebab dari gangguan ini masih belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, seperti adanya ketidakseimbangan dalam pemancar saraf di otak dan riwayat genetik.

"Ini tergantung hormonal dan neurokimia di otaknya. Ada tidaknya ketidakseimbangan di antara keduanya. Bisa juga karena trauma masa lalu, genetik atau turunan, atau terpicu oleh konflik tertentu," jelas Prof Dr dr Syamsul Hadi, SpKJ (K), psikiater dari RSUD Dr Moewardi Surakarta, kepada detikcom beberapa waktu lalu.



Simak Video "Kim Kardashian Blak-blakan Kondisi Kanye West yang Idap Bipolar"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/hst)