9 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami

Virgina Maulita Putri - wolipop Rabu, 06 Nov 2019 05:30 WIB
9 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami Foto: Getty Images 9 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami Foto: Getty Images

Jakarta - Memiliki postur badan yang tinggi dan ideal merupakan idaman banyak orang. Tapi tinggi badan umumnya ditentukan menurut gen keturunan yang kita miliki.

Faktor gen dan keturunan mempengaruhi tinggi badan seseorang hingga 60-80%. Sedangkan 20-40%-nya dipengaruhi oleh pengaruh lingkungan seperti nutrisi, tingkat kesehatan dan aktivitas fisik.



Pertumbuhan tinggi badan paling pesat terjadi di usia remaja, terutama saat masa puber. Menjelang usia sekitar 18 hingga 20 tahun, pertumbuhan tinggi badan mulai berhenti karena plat pertumbuhan mulai menutup.

Tapi jangan khawatir, ada 9 cara meninggikan badan dengan cepat dan alami yang bisa membantu kalian seperti dirangkum Wolipop:

1. Konsumsi Makanan Kaya Protein

Makanan yang kaya protein bisa mendorong pertumbuhan otot dan tulang yang sehat. Beberapa makanan dengan kandungan protein tinggi antara lain kacang-kacangan, daging tanpa lemak, daging ayam dan telur.

2. Asupan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi yang berperan penting dalam mendorong pertumbuhan tulang yang sehat. Bahkan kekurangan vitamin D bisa menyebabkan seseorang menderita stunting.

Kalsium biasanya ditemukan di sayuran hijau seperti bayam dan kale. Sementara vitamin D bisa ditemukan di susu, jamur dan paparan sinar matahari pagi.

3. Main Basket

Olahraga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk meninggikan badan secara alami, salah satunya dengan bermain basket. Bermain basket selama 60 menit secara rutin bisa membantu menambah tinggi badan.

4. Bersepeda

Olahraga lainnya yang bisa meninggikan badan adalah bersepeda. Atur kursinya menjadi sedikit tinggi hingga kaki kalian harus diregangkan untuk mencapai pedal. Tapi jangan terlalu tinggi atau kalian berpotensi merusak otot dan sendi.

5. Tidur Malam yang Cukup

Tidur malam merupakan waktunya tubuh kalian berkembang pesat. Pasalnya tubuh memproduksi hormon pertumbuhan saat kita tidur, terutama di fase deep sleep. Tidur yang cukup dan nyenyak akan mendorong produksi hormon ini.



6. Perbaiki Postur

Memiliki postur yang bagus akan membuat tubuh kalian terlihat lebih tinggi. Selalu berdiri dengan tegak dan jangan membungkuk. Selain itu, tarik bahu kalian sedikit ke belakang.

7. Renang

Renang merupakan salah satu olahraga utama yang bisa meninggikan badan secara cepat dan alami. Saat berada di air, beban yang ditanggung disk dan tulang intervertebral jauh lebih sedikit, sehingga persendian kalian menjadi lebih mudah bergerak dan memudahkan pertumbuhan tulang.

8. Stretching

Stretching atau peregangan bisa kalian lakukan untuk meninggikan badan. Salah satu gerakan yang bisa kalian lakukan adalah leg stretch. Caranya sambil duduk, luruskan kedua kaki kalian di depan. Kemudian coba raih dan sentuh ujung jari kaki dengan tangan. Tahan selama 10 detik dan ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

9. Perhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur bisa mempengaruhi proses meninggikan badan. Tidur dengan posisi yang salah bisa membuat tulang melengkung dan postur yang membungkuk.

Sedangkan cara tidur yang benar dan bisa membantu meninggikan badan adalah dengan tidur telentang. Untuk hasil yang lebih optimal jangan tidur dengan memeluk guling dan jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi.

Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)