10 Arti Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas

Rizky Wika Shintya Devi - wolipop Selasa, 05 Nov 2019 17:36 WIB
10 Arti Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas/Foto: iStock 10 Arti Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas/Foto: iStock

Jakarta - Pernahkan Anda mengalami kedutan mata kiri atas? Ada banyak mitos mengenai kedutan di kalangan masyarakat. Bahkan kedutan dapat berarti sesuatu hal yang sering dipertanyakan.

Kedutan sering terjadi secara tiba-tiba dan tidak terkendali. Umumnya, seseorang akan merasakan kedutan atau getaran di area kelopak mata, bawah mata hingga alis.

Berikut ini ulasan mengenai kedutan mata kiri atas artinya yang dirangkum Wolipop:



1. Kelelahan Mata Kiri

Kedutan mata kiri atas pertanda bahwa organ vital, mata mengalami kelelahan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga mata dengan tidak sering menatap layar handphone. Jangan membaca buku dalam durasi waktu lama. Hal-hal tersebut mampu menimbulkan gangguan mata berupa kedutan. Usahakan memiliki kualitas tidur yang baik.

2. Alergi

Penyebab kedutan selanjutnya ialah alergi. Alergi dapat membuat mata bengkak, berair, dan gatal. Saat kamu merasakan gatal di daerah mata, maka kamu akan refleks menggosoknya sehingga tubuh akan melepaskan zat histamin lalu menimbulkan kedutan mata kiri atas.

3. Stres

Kedutan mata kiri atas dan bawah rupanya dapat menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami stress. Kedutan tersebut akan menghilang setelah kondisi Anda mulai stabil.

4. Gejala ALS

Penyakit Amiotrophic Lateral Sclerosis (ALS) ini menyebabkan sel-sel neuron pada otak dan sumsum tulang mengalami disfungsi dan terjadi pelemahan otot. Kedutan mata kiri atas merupakan gejala awal yang terjadi di sekitar area mata.

5. Kurangnya Nutrisi Seimbang

Kedutan mata kiri atas sudut ternyata bisa juga menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin B dan air mineral. Nutrisi seimbang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi varian nutrisi yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin.

6. Kondisi Mata Kering

Saat kondisi mata kering, gerakan refleks mata akan menjadi sering berkedip supaya mata tetap lembab. Gerakan mengedip dapat memicu saraf di sekitar mata untuk berkedut. Oleh karenanya, hindari melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual dan terpaan angin yang langsung menuju mata.

7. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Faktanya, mengonsumsi obat-obatan tertetu memicu kedutan mata kiri atas. Misalnya, obat antiepileptik dan antipsikotik memengaruhi saraf dan otot Anda sehingga menyebabkan otot menegang dan gemetaran.

Meski kedutan masih dianggap ringan, ternyata kedutan dapat menandakan penyakit loh. Berikut ini beberapa penyakit yang menimbulkan gejala mata kedutan kiri atas :

1. Bell's Pallsy

Penyakit ini menjadi pertanda bahwa ada kelumpuhan saraf wajah yang rusak atau trauma. Hal ini mengakibatkan fungsi otot-otot terganggu sehinga menimbulkan kedutan mata kiri atas.

2 Hemifacial Spasm

Hemifacial spasm merupakan iritasi pada saraf wajah. Hal ini disebabkan oleh kerusakan struktur otak dalam dan membuat pembesaran pembuluh darah yang dapat menekan saraf terlalu kuat. Kedutan akan terasa pada mata selama beberapa hari atau bulan sampai saraf tidak tertekan lagi.

3. Dystonia

Dystonia adalah kelainan pada kontraksii oto sehingga menyebabkan gerakan berulang atau postur tubuh abnormal. Kondisi ini menjadi penyebab kedutan mata kiri atas hingga mata berkedip cepat karena saraf kelopak mata menegang tanpa kendali.






Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)