Santai Saat Weekend, Awas 4 Posisi Duduk di Sofa Ini Bikin Sakit Punggung

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 12 Okt 2019 10:02 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta -

Bersantai di sofa memang terasa sangat nyaman apalagi jika Anda sudah duduk di kursi seharian. Setiap orang punya posisi duduk di sofa favorit. Terkadang hal itu juga tergantung dengan kegiatan apa yang sambil dilakukan, apakah itu menonton televisi, membaca, atau sekadar mengobrol dengan keluarga atau teman. Walau santai dan nyaman, tetap perhatian cara duduk di sofa Anda agar tidak sakit punggung.

Miring
4 Posisi Duduk Santai di Sofa yang Bisa Bikin Sakit Punggung Foto: iStock
Studi yang dilakukan Furniture Choice mengungkap bahwa kebanyakan orang menghabiskan 20 jam untuk duduk relaks di sofa. Riset juga mengungkap bahwa satu dari empat orang mengalami sakit punggung. Keduanya pun dikatakan saling berhubungan yang dipengaruhi oleh cara duduk ketika bersantai di kursi empuk tersebut.

Berdasarkan studi, salah satu pose duduk yang paling populer terutama pada wanita adalah posisi miring berikut. 27% orang menyukai posisi badan ke depan tapi kaki mereka dinaikkan ke atas sofa dan diletakkan menyamping. Cara duduk ini memang nyaman tapi ahli pilates Lyndsay Hirst mengatakan itu bisa menyebabkan masalah punggung karena tulang punggung memutar. Ia pun menyarankan untuk mengganti gaya duduk sesekali untuk mencegahnya demikian.



Bumerang
4 Posisi Duduk Santai di Sofa yang Bisa Bikin Sakit Punggung Foto: iStock
Sedangkan 25% orang lain menyukai posisi duduk yang disebut bumerang ini. Posisi duduk membungkuk lalu menyelonjorkan kaki dengan bantuan sofa tambahan berikut mungkin sering Anda lakukan ketika membaca. Sayangnya, hal ini juga bisa menimbulkan sakit punggung.

"Otot leher dan pundak harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk menjaga kepala tetap tegang, yang mana ini bisa memicu ketidaknyamanan otot. Mempertahankan postur ini bisa membuat punggung dan otot perut lemah yang mana akan menyebabkan sakit punggung," kata Lyndsay mengenai gejala yang sering terjadi pada anak muda itu.

Lurus
4 Posisi Duduk Santai di Sofa yang Bisa Bikin Sakit Punggung Foto: iStock
Duduk lurus atau tegap terlalu lama pun ternyata juga tidak terlalu baik untuk tulang punggung. "Di sini tubuh ada dalam jajaran yang sempurna, kepada lurus dengan pundak dan tulang belakang, dan pinggang ada di posisi netral. Meski ini postur duduk yang ideal, mempertahankannya dalam waktu lama bisa nantinya menyebabkan ketidaknyamanan karena tubuh didesain untuk bergerak," ungkapnya.



Bungkuk
4 Posisi Duduk Santai di Sofa yang Bisa Bikin Sakit Punggung Foto: iStock
Duduk membungkuk tentu tidak dianjurkan meski kadang sulit untuk dihindari ketika berhadapan dengan sofa. Hal itu karena posisi tersebut menekan tulang belakang dan membuat leher dan pundak sulit untuk menopang kepala. Jika sering duduk seperti itu, punggung tak hanya bisa pegal tapi bentuknya juga ikut membungkuk.

Meski kebanyakan sakit punggung mudah diobati bahkan bisa sembuh sendiri, pakar menyarankan untuk tetap memperhatikan gejalanya. Selain menghindari terlalu banyak duduk dan posisi yang salah, olahraga teratur juga sangat dianjurkan.


Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)