Riset Ungkap Jenis Makanan Inilah yang Bikin Susah Tidur di Malam Hari

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 21 Sep 2019 21:13 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Setiap malam kamu harus berusaha keras agar bisa tertidur nyenyak? Riset mengungkapkan ada makanan-makanan yang bisa memengaruhi jam tidur terutama di malam hari.

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa makanan bergula mengganggu jam tidur, yang juga memicu kita untuk menginginkan penganan manis di hari berikutnya. Sementara itu studi juga memperlihatkan, orang cenderung kurang bisa tidur nyenyak setelah makan makanan yang tinggi gula dan lemak. Makanan-makanan jenis ini misalnya cake, martabak manis, donat meses atau bobba milk tea.

"Penemuan kami memperlihatkan bahwa kualitas diet juga berpengaruh pada kualitas tidur. Yang lebih mengejutkan, hanya satu hari Anda mengonsumsi lebih banyak lemak dan serat lebih sedikit, sudah cukup untuk mengganggu parameter tidur," jelas ketua penelitian Dr Marie-Pierre St-Onge dari Columbia University, seperti dikutip dari Daily Mail.

Riset Ungkap Jenis Makanan Inilah yang Bikin Susah Tidur di Malam HariFoto: iStock


Dr Nerina Ramlakhan, pakar kesehatan tidur dari SilentNight menyarankan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir efek buruk makanan tinggi gula terhadap kualitas tidur. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman bebas gula yang banyak mengandung tryptophan.

"Kalau mau minum minuman hangat sebelum tidur, sebaiknya pilih susu almond yang tinggi akan tryptophan karena telah terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur," tutur dr. Nerina.

Tryptophan merupakan asam amino perangsang tidur dan juga disebut sebagai obat penenang alami. Zat ini juga banyak terdapat pada telur, cokelat murni (dark chocolate) dan daging turki.

Selain itu juga disarankan mengurangi makanan bergula dan memperbanyak asupan serat. Percobaan pada 26 partisipan menunjukkan bahwa selama lima hari mengonsumsi diet sehat, mereka lebih cepat tertidur 12 menit dibandingkan sebelumnya.



Simak Video "Benda Harian Disulap Jadi Gaun Ciamik, Seperti Apa Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)