Ini Lho Ragam Manfaat Cemilan Sehat

Akfa Nasrulhak - wolipop Selasa, 17 Sep 2019 16:07 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Apa kamu termasuk orang yang doyan ngemil? Kebiasaan ngemil sering kali mendapat pandangan yang buruk. Pasalnya, kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab kegemukan.

Namun, perlu diketahui, kebiasaan ngemil tidaklah selamanya buruk. Asalkan dilakukan dengan benar, termasuk waktu dan jenis camilan yang dikonsumsi. Bahkan, jika dilakukan dengan benar, ngemil justru bisa memberi manfaat bagi tubuh lho.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, camilan adalah makanan ringan, istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama, baik makan pagi, makan siang atau makan malam. Biasanya camilan bisa diberikan pada saat di antara makan besar tersebut.

"Karena jarak makan besar itu 8 jam, maka seringkali orang merasa lapar terutama dari makan siang ke makan malam. Maka diperlukan snack atau camilan. Terutama buat orang-orang yang tidak tahan atau sakit ulu hati kalau perutnya kosong, di sinilah camilan dibutuhkan," ujar dr Muliaman kepada Wolipop, Selasa (17/9/2019).


Menurut dr Muliaman, agar kebiasaan ngemil tak membuat berat badan berlebihan maka harus mengonsumsi camilan sehat. Yaitu makanan sehat dalam jumlah sedikit yang biasanya diberikan di antara jam makan dengan jumlah kalori kurang dari 100kcal/serving.

"Biasanya bisa dimasuk sendiri bisa juga sudah jadi. Kalori dalam per serving biasanya kurang dari 100 kcal/serving dan berasal dari bahan yang sehat yang tinggi serat seperti oat, wheat (gandum utuh) dan biji quinoa," ujarnya.



Selain itu, mengonsumsi snack bar dapat menjadi salah satu 'penyelamat' saat kamu ingin mengudap makanan ringan yang manis. Namun jangan sembarangan memilih snack bar. Pilihlah snack bar yang rendah lemak, rendah kalori, tinggi serat, dan kaya akan nutrisi, seperti Fitbar.

Fitbar merupakan camilan yang enak dan sehat karena bebas kolesterol dan bebas lemak trans. Selain itu, Fitbar memiliki kalori yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi mereka yang sedang berdiet. Fitbar terdiri dari tiga varian rasa, yakni Chocolate Fitbar, Fruits Fitbar, dan Nuts Fitbar.

Simak Video "Lagi Diet? Makan Buah Ceri Buat Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/mul)