7 Olahraga yang Ampuh Kecilkan Paha dan Betis

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 06 Sep 2019 17:46 WIB
Olahraga untuk kecilkan paha dan betis. Foto: iStock Olahraga untuk kecilkan paha dan betis. Foto: iStock

Jakarta - Paha dan perut jadi bagian tubuh yang sering terlihat besar. Hal ini membuat wanita merasa kurang nyaman. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengecilkannya dengan olahraga.

Salah satu indikator langsing untuk para wanita adalah memiliki paha, betis, dan perut yang kecil. Jika salah satu bagian tubuh ini terlihat agak besar, beberapa wanita banyak yang merasa kurang percaya diri meskipun ukurannya masih dianggap normal.


Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kamu juga butuh usaha yang lebih. Beberapa jenis olahraga ini sangat efektif dan aman untuk mengecilkan paha, betis, dan perut. Lakukan olahraga ini setiap hari agar hasilnya maksimal.

1. Squat

Olahraga SquatOlahraga Squat Foto: iStock

Gerakan olahraga ini tidak hanya bisa mengecilkan bagian paha saja. Tapi juga dapat mengecilkan betis serta melatih otot bagian bawah.

Caranya, berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dengan kedua tangan lurus ke depan. Kemudian turunkan bokong kamu hingga mendekati lantai. Pertahankan posisi ini selama 15-30 detik dan kembali ke posisi semula.

Ulangi squat sekitar 10-15 kali setiap hari.

2. Lunges

Olahraga gerakan lunges.Olahraga gerakan lunges. Foto: iStock


Lunges adalah salah satu olahraga yang bagus untuk membentuk tubuh terutama otot paha dan bokong. Untuk melakukannya, kamu bisa lunges di depan cermin.

Pertama, berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu. Langkahkan atau letakkan salah satu kaki agak jauh ke arah depan. Secara perlahan turunkan tubuh sampai setinggi lutut atau membentuk sudut 90 derajat.

Pertahankan posisi ini selama beberapa detik. Kemudian kembali ke posisi semula, yaitu berdiri tegak. Gerakan olahraga ini bisa diulang beberapa kali selama 10 menit atau sesuai kebutuhan kamu.

3. Fire Hydrant

Olahraga fire hydrant yang bisa mengecilkan area paha dan mengencangkan bokong.Olahraga fire hydrant yang bisa mengecilkan area paha dan mengencangkan bokong. Foto: iStock

Olahraga ini bisa dilakukan para pemula. Berfungsi untuk mengencangkan otot perut, pinggul, bokong, dan tubuh bagian bawah. Fire Hydrant juga disebut jadi olahraga mengecilkan perut.

Cara pertama, ambil posisi merangkak sambil memastikan lutut dan tangan masing-masing terbuka selebar bahu. Lutut akan tertekuk membentuk sudut 90 derajat, langsung di bawah pinggul.

Kedua, kencangkan otot inti tubuh dan tanpa menggerakkan pinggul. Angkat paha kanan ke sisi kanan badan, sambil menekuk lutut di sepanjang waktu latihan.

Ketiga, tanpa menurunkan pinggul, luruskan kaki ke belakang hingga sejajar dengan bagian tubuh lainnya. Kembali ke posisi awal untuk mengganti kaki lainnya.

4. Leg Lift

Gerakan olahraga leg lift.Gerakan olahraga leg lift. Foto: iStock

Leg lift, olahraga yang dilakukan untuk mengencangkan paha terutama bagian dalam. Caranya adalah dengan berbaring di atas matras atau kasur dengan tangan diposisi samping. Lalu rapatkan kedua kaki dan angkat setinggi 45 derajat. Tahan selama kurang lebih 15 detik serta kembalikan kaki kami di tempat semula. Ulangi hingga 10 kali.

5. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga, olahraga yang sederhana.Naik turun tangga, olahraga yang sederhana. Foto: iStock

Olahraga yang satu ini jadi salah satu solusi buat kamu yang tak ada waktu berolahraga di pusat kebugaran (gym). Naik turun tangga bisa dilakukan di rumah atau pun di kantor.

Kamu bisa melangkahkan kaki melewati dua anak tangga sekaligus dan turun tangga seperti biasa, ulangi beberapa kali. Melakukan hal ini secara rutin bisa membuat paha semakin kecil.

6. Bersepeda

Olahraga bersepeda.Olahraga bersepeda. Foto: iStock

Olahraga yang satu ini juga bisa membuat otak kembali refresh. Ketika bersepeda, paha dan betis tentunya akan lebih aktif bergerak saat mengayuh. Sehingga inilah yang menjadi alasan kenapa bersepeda bisa jadi olahraga untuk mengecilkan paha.

Rajin bersepeda juga memberikan manfaat yang sangat baik ke tubuh seperti kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tingkat stres.

7. Jogging

Olahraga jogging. Olahraga jogging. Foto: thinkstock

Rahasia di balik kecilnya paha dan betis adalah dengan melakukan olahraga fisik yang menjadikan kaki atau tubuh bagian bawah sebagai tumpuannya.

Jogging juga bisa membantu turunkan berat badan. Olahraga pagi berupa jogging bisa membuat paha dan betis lebih kecil. Karena bagian kaki menjadi fokus utama dan paling banyak bergerak.

Namun untuk menjaga ketahanan tubuh serta keseimbangan tubuh kamu juga bisa melakukan beberapa jenis olahraga lain seperti olahraga kardio dan olahraga yoga.




Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)