Jessica Iskandar Wajahnya Ruam Gara-gara Anestesi, Ini Efek Obat Bius

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 29 Agu 2019 16:05 WIB
Foto: Instagram/@lonamakeup Foto: Instagram/@lonamakeup

Jakarta - Jessica Iskandar tengah mengalami kepanikan karena wajah flawless-nya tiba-tiba berubah menjadi bercak-bercak merah. Diakui Jessica, ruam yang dialami di area pipi dan dagunya karena reaksi alergi anestesi.

Meski jarang ada kasus alergi terhadap obat bius, namun alergi bisa saja terjadi. Seperti dikutip Healtline, satu dari 10 ribu orang mengalami alergi karena anestesi.



Jessica Iskandar Wajahnya Ruam Gara-gara Anastesi, Ini Efek Obat BiusFoto: dok. Instagram Jessica Iskandar


Gejala reaksi alergi pada anestesi mirip dengan reaksi alergi lainnya. Gejala reaksi ringan meliputi ruam, gatal-gatal, bengkak di area mata, bibir dan seluruh wajah, penurunan tekanan darah, nafas pendek dan batuk.

Dilihat dari reaksi alergi yang dialaminya, tampaknya Jedar mengalami alergi yang ringan. Namun efek alergi bisa parah seperti serangan jantung, penyakit paru-paru hingga alzheimer.

Reaksi alergi pada anestesi bisa terjadi karena neuromuscular blocking agents (NMBAs), yang merupakan bahan obat untuk mencegah otot bergerak. Namun efek samping tersebut bisa muncul karena paparan obat dan zat lain seperti antiseptik dan produk darah selama proses pemberian anestesi.



Kamu tidak bisa mengubah reaksi alergi pada tubuh, namun bisa diminimalisir efek sampingnya. Kuncinya pastikan kamu mengatakan segala jenis riwayat alergi, termasuk sejarah alergi keluarga kepada dokter anestesi. Umumnya, sebelum melakukan tindakan besar seperti operasi akan dilakukan tes alergi.

Jika sudah terjadi reaksi alergi seperti yang dialami Jessica Iskandar, maka sebaiknya segera menghubungi dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat antialergi untuk meminimalisir rasa gatal dan kemerahan.

Simak Video "Alami Kondisi Langka, Bocah Ini Cuma Bisa Makan Buah Peach"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)