Riset Ini Ungkap Cara Mudah Agar Ibumu Panjang Umur, Kamu Juga Bisa Bantu

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 23 Agu 2019 11:50 WIB
Cristiano Ronaldo dan ibunya. Foto: REUTERS/Massimo Pinca Cristiano Ronaldo dan ibunya. Foto: REUTERS/Massimo Pinca

Jakarta - Keluarga adalah hal yang sangat penting dan berharga dalam hidup, terutama ibu yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Jika kamu benar-benar menyayangi ibumu maka luangkanlah waktu baginya untuk sekadar berkumpul dan bersenda gurau. Riset membuktikan hal itu dapat membuat usia ibumu menjadi sedikit lebih panjang. Selain itu tentunya ibumu pasti akan merasa sangat senang dapat bertemu dan berkumpul dengan orang yang paling disayangnya, yaitu kamu.

Riset mengenai cara membuat ibu menjadi panjang umur ini dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas California, San Francisco. Berdasarkan riset yang melibatkan 1.600 responden dengan usia 60 hingga 70 tahun itu terungkap kesendirian dapat berpengaruh pada kesehatan dan usia seseorang.

Setelah melakukan penelitian selama enam tahun, ilmuwan menemukan bahwa kesendirian memiliki dampak cukup besar bagi orang-orag yang sudah berumur. Dilaporkan setidaknya sebanyak 43,2 % responden dalam penelitian ini merasakan kesepian, 32% merasakan kurangnya persahabatan, 25% merasa ditinggalkan dan 18% merasa seperti diasingkan.



Kesendirian adalah faktor utama yang membuat seseorang menderita. Hal ini dapat membuat seseorang merasa diasingkan, tidak ada yang memiliki, atau tidak memiliki persahabatan. Orang-orang yang bekerja dan memiliki hubungan yang baik akan hidup lebih lama dibandingkan mereka yang merasa kesepian.

Berdasarkan hasil penelitian, kematian juga dapat diakibatkan karena perasaan negatif yang dialami sehingga akan berdampak pada kesehatan. Hal ini karena kenikmatan, energi positif, dan motivasi yang tidak diperoleh oleh mereka yang kesepian dapat menyebabkan depresi. Orang yang kesepian tidak memiliki teman untuk diajak berbicara dan mereka tidak memiliki koneksi yang bagus untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang sangat mereka sayangi.

Oleh sebab itu para peneliti menyarankan tunjukkanlah rasa sayang kepada ibumu atau orangtuamu dengan membuatnya tidak merasa kesepian. Seperti dengan mengajaknya menghabiskan waktu sehari denganmu atau hanya sekadar menghubungi dan meminta saran darinya.

Jika kamu tidak tinggal bersama ibumu, maka sering-seringlah mengunjunginya. Penelitian juga menyarankan bahwa lebih baik menitipkan ibumu ke panti jompo daripada membiarkannya di rumah sendirian karena dapat membuat mereka menemukan teman-teman baru, melakukan aktivitas-aktivitas fisik dan mengembangkan dirinya lagi.



Simak Video "Bella Hadid Kecam Keputusan Trump atas Yerusalem"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)