Wanita Ini Cetak Rekor Dunia: Planking 4 Jam Nonstop, Sikunya Sampai Terluka

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 27 Mei 2019 15:09 WIB
Dana Glowacka, mencetak rekor dunia plangking empat jam 20 menit. Foto: Dok. Instagram @dbg_plankdoyoga Dana Glowacka, mencetak rekor dunia plangking empat jam 20 menit. Foto: Dok. Instagram @dbg_plankdoyoga

Jakarta - Sebuah rekor dunia unik dicetak oleh wanita bernama Dana Glowacka. Dia mencetak rekor planking terlama di dunia. Dana planking selama empat jam nonstop.

Planking, olahraga yang bisa merampingkan tubuh ini sempat tren pada 2013. Planking merupakan gerakan mensejajarkan kepala, tengkuk, punggung, bokong hingga kaki menyerupai papan lurus.

Planking difavoritkan para pencinta fitnes yang ingin merampingkan perut. Bahkan planking exercise disebut-sebut lebih efektif daripada crunches. Planking dianggap lebih efisien karena berfokus pada otot punggung dan pembentukan pinggul.

[Gambas:Instagram]


Dana Glowacka pun menjadi ahli planking karena berhasil mencatatkan dirinya ke dalam Guinnes World Record dengan plangking selama empat jam 20 menit nonstop. Instruktur yoga asal Kanada ini mengalahkan rekor sebelumnya di mana seorang wanita planking selama satu jam nonstop. Rekor tersebut ditorehkannya di Hotel Arista, Naperville, Illinois, Amerika Serikat pada akhir pekan kemarin.

Tentu saja pencapaian Dana mencetak rekor dunia ini dapatnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mengenang perjuangannya, dia dulu hanya bisa planking selama empat menit.

Wanita Ini Cetak Rekor Dunia: Planking 4 Jam Nonstop, Sikunya Sampai Terluka Dana Glowacka, mencetak rekor dunia plangking empat jam 20 menit. Foto: Dok. Instagram @dbg_plankdoyoga


Dana pun mulai berlatih dan mengikuti berbagai kejuaraan. Pada 2016, dia menjadi juara kedua dalam ajang International World Cup Plank Challenge di Beijing. Saat itu dia bisa planking selama dua jam lima menit.

Berlatih dan berlatih, itulah yang dilakukan Dana hingga bisa mencetak rekor dunia. Dan buah dari kerja kerasnya berlatih itu bukan hanya gelar juara, tapi juga luka di sikunya.

Dalam postingan di Instagram, Dana memperlihatkan kondisi sikunya yang terluka. "The challenging part of long sets plank practice is not just #determination #motivation #willpower #resilience ...." tulisnya.



(eny/eny)