Diet yang Dilakukan Oprah Winfrey hingga Berat Badannya Turun 11 Kg

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 22 Apr 2019 05:22 WIB
Oprah Winfrey. Foto: Paul Drinkwater/NBCUniversal via Getty Images Oprah Winfrey. Foto: Paul Drinkwater/NBCUniversal via Getty Images

Jakarta - Oprah Winfrey berhasil membuktikan diet bisa dilakukan tanpa mengorbankan makanan favorit. Dengan diet yang dijalaninya, Oprah sukses memangkas 11 kg berat badannya.

Dalam sebuah video testimoni yang diunggahnya di Twitter, Oprah mengungkap berat badannya berhasil menyusut sekitar 11 kg setelah menjalani program diet besutan Weight Wathcers. Uniknya, ia mengaku masih tetap bisa menikmati makanan favoritnya, roti, selama melakoni program diet tersebut.

Sebagai sumber karbohidrat tinggi, roti kerap dianggap sebagai perusak diet dan penyebab kegemukan. Tentu saja ini sulit bagi Anda yang menyukai atau menjadikan roti sebagai makanan pokok.



Namun menurut ahli diet Keri Glassman yang juga pendiri Nutrition School, roti tetap 'aman' dikonsumsi saat diet namun dengan syarat tertentu. Salah satunya, memastikan roti hanyalah satu-satunya sumber karbohidrat yang dikonsumsi tubuh dalam satu hari. "Satu potong roti tanpa pasta, nasi, kentang atau makanan manis jauh berbeda (dampaknya) dari roti ditambah semua makanan itu," kata Keri.

Oprah Winfrey.Oprah Winfrey. Foto: Getty Images


Jenis roti turut berpengaruh. Keri pribadi sangat menyukai sprouted grain bread atau roti gandum utuh yang berkecambah. Sementara Oprah dalam videonya, menyebut roti tipe , 7-grain, 9-grain, 12-grain, sebagai menu roti wajibnya.

Waktu pengonsumsian juga tidak boleh dilupakan. Louis Aronne, dokter pribadi David Letterman menganjurkan, mengonsumsi makanan berkabohidrat tinggi menjelang akhir santapan dan saat sore atau malam hari. "Mengonsumsi karbohidrat terlebih dulu dapat menstimulasi nafsu makan sehingga kita sulit mengendalikannya," kata direktur Weill Cornell Medicine's Comprehensive Weight Loss Center itu.



Sedangkan Oprah, kini memilih tidak rutin mengonsumsi roti saat sarapan. Dia mengganti roti dengan buah-buahan. Menu sarapan presenter Oprah Winfrey Show itu biasanya campuran antara aneka jenis buah beri dengan yoghurt dan almond. Dia juga suka sarapan telur rebus dengan quinoa dan saus tomat.

Seperti dikutip dari situs Oprah, presenter ternama di dunia ini membagi asupannya sehari-hari dengan metode presentase. Dalam sehari dia mengonsumsi 20% protein, 30% lemak sehat, dan 50% karbohidrat baik seperti buah, sayur dan biji-bijian atau gandum utuh.

Presenter 65 tahun itu juga memutuskan tidak hanya melakukan diet makanan tapi juga berolahraga. Salah satu caranya dengan berusaha berjalan minimal 10 ribu langkah setiap hari dalam upaya menurunkan beratnya.

"Saya mencoba melakukan sesuatu setiap hari agar saya tetap aktif dan tidak membuat diri saya stres (dengan berat badan)," paparnya kepada People.


Tonton juga video Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun:

[Gambas:Video 20detik]


Diet yang Dilakukan Oprah Winfrey hingga Berat Badannya Turun 11 Kg



(eny/eny)