Diet GM Bisa Turunkan Berat 4 Kg Dalam Seminggu, Seperti Ini Menunya

Hestianingsih - wolipop Selasa, 02 Apr 2019 16:04 WIB
Ilustrasi tips diet GM, diet yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Foto: Dok. iStock Ilustrasi tips diet GM, diet yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Diet GM menjadi tren setelah booming diet mayo dan paleo. Viral di Facebook, Twitter hingga Instagram, Diet GM disebut-sebut sebagai pola makan untuk melangsingkan tubuh yang dipelopori perusahaan otomotif General Motors.

Demi menjaga kesehatan tubuh dan berat badan ideal para karyawannya, General Motors dikabarkan menciptakan diet selama tujuh hari yang dipercaya bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Namun belakangan, diketahui bahwa Diet GM bukanlah pola makan yang dipelopori General Motors.

"Kami menyimpulkan bahwa ini hanyalah mitos. Ini jelas bukan diet yang konvensional, sedangkan sejak 1980-an G.M. merupakan perusahaan yang sangat konvensional," ujar Juru Bicara G.M. Tom Wilkinson, seperti dikutip dari NY Times.

Tom pun menegaskan bahwa Diet GM yang kini jadi tren tidak ada kaitannya dengan perusahaan tempat ia bekerja. Menurutnya, tidak ada pembahasan di kantornya soal diet tersebut.



"Di sini tidak ada satupun yang menyebut tentang diet seperti itu, dan kami tidak tahu bagaimana itu bisa terkait dengan G.M," ujarnya.

Entah siapa yang pertamakali memulai dan sejak kapan berkembang, yang jelas kini diet GM menjadi salah satu diet yang populer. Apalagi berdasarkan pengalaman orang-orang yang sukses menjalankan diet GM, diet yang hanya dilakukan dalam seminggu itu diklaim menurunkan berat badan 4 kg hingga 7 kg.

Namun bukan berarti Diet GM yang populer ini bebas dari risiko. Bahaya Diet GM, seperti dikutip dari Livestrong, hasilnya tidak bisa bertahan lama karena begitu diet selesai, besar kemungkinan berat badan akan naik lagi begitu kembali ke pola makan biasanya.

Selain itu program Diet GM ini juga tidak menganjurkan untuk dibarengi dengan olahraga. Diet GM juga bisa berbahaya untuk tubuh karena tidak mengajarkan pengikutnya mengikuti pola makan dengan nutrisi seimbang. Bisa dibayangkan jika dalam sehari hanya makan buah-buahan, ada unsur gizi yang hilang seperti protein dan lemak. Meskipun protein akan 'diganti' di hari lain, tetap saja dalam satu hari itu berarti tubuh tidak mendapatkan cukup gizi. Sedangkan setiap harinya tubuh harus mendapatkan sedikitnya lima nutrisi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan mineral.

Buah-buahan jadi menu hari pertama Diet GM.Buah-buahan jadi menu hari pertama Diet GM. Foto: iStock




Cara dan Menu Diet GM

Diet GM memang hanya dilakukan selama tujuh hari. Setiap harinya, menu yang harus dimakan pelaku diet GM sudah ditentukan dan harus ditaati agar hasilnya maksimal. Mulai dari hanya buah-buahan di hari pertama, hanya sayuran di hari kedua hingga kombinasi sayuran dan lauk di hari berikutnya.

Jika diikuti dengan tepat, diet ini diklaim bisa mengurangi berat badan 4 hingga 7 kg. Sementara dengan menjalani diet konvensional, penurunan berat badan yang dicapai umumnya 'hanya' 0,4 - 0,9 kg. Selain itu diet ini juga dipercaya memiliki efek detoksifikasi bagi tubuh. Bagaimana penerapannya? Berikut menu praktis diet GM selama tujuh hari:

Hari ke-1
Pada hari pertama menDiet GM, kamu hanya boleh makan buah-buahan. Segala jenis buah boleh dikonsumsi kecuali pisang. Tidak ada batasan berapa banyak dan seberapa sering buah yang harus dimakan, sejauh kamu bisa dan kuat. Selain itu, direkomendasikan juga makan lebih banyak melon di hari pertama Diet GM karena akan memicu penurunan berat badan lebih cepat. Secara ilmiah, belum ada penelitian yang menunjukkan alasan kenapa melon bisa membantu penurunan berat badan. Kemungkinan karena buah ini mengandung banyak air dan serat sehingga cepat mengenyangkan.

Hari ke-2
Pada hari kedua Diet GM, buah digantikan dengan sayuran. Kamu boleh makan sayur sebanyak mungkin, yang sudah dimasak atau mentah segar. Jenis sayur yang boleh dimakan pun tidak dibatasi, asalkan selama seharian itu hanya makan sayur. Sayur dengan karbohidrat tinggi seperti kentang rebus tumbuk yang diberi butter juga diperbolehkan untuk dikonsumsi di hari kedua. Dalam pemahaman diet ini, sayur mengandung banyak nutrisi penting dan serat, serta kalorinya rendah.

Menu diet GM hari kedua adalah sayur-sayuran.Menu diet GM hari kedua adalah sayur-sayuran. Foto: Istock


Hari ke-3
Di hari ketiga Diet GM, menunya adalah kombinasi buah dan sayur. Kecuali pisang dan kentang, makan berbagai jenis variasi buah dan sayur diperbolehkan di hari ketiga. Mau sebanyak dan sesering yang diinginkan. Kentang tidak lagi diperlukan, karena karbohidrat sudah dianggap 'terpenuhi' dari konsumsi buah-buahan. Pada tahap ini, tubuh disebut-sebut sudah mulai 'bersiap' melalui proses pembakaran berat badan berlebih.

Hari ke-4
Pisang, susu dan sup masuk ke dalam menu Diet GM di hari keempat. Makan maksimal delapan pisang disertai tiga gelas susu, serta sup sebanyak yang dimau. Konsumsi pisang di hari keempat diperlukan untuk mengganti potassium dan sodium yang sempat hilang setelah tiga hari sebelumnya tak dikonsumsi. Dengan makan banyak pisang, diharapkan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis berkurang dan itu akan membuat penurunan berat badan lebih efektif.

Hari ke-5
Pada hari kelima Diet GM, menu wajibnya adalah enam butir tomat dan dua porsi daging sapi masing-masing ukuran 250 gram. Daging bisa dikonsumsi dalam bentuk hamburger atau patty. Pada hari kelima diet GM juga disarankan untuk menambah asupan air putih sebanyak empat cangkir, gunanya untuk menetralisir uric acid yang diproduksi saat tubuh mencerna daging.

Hari ke-6
Daging kembali menjadi menu Diet GM di hari keenam, tapi tomat bisa diganti dengan jenis sayuran lain dan bisa dimakan sebanyak yang diinginkan. Pada tahap ini tubuh mulai menunjukkan hasil diet dan mulai ada perbedaan berat badan dari awal diet dilakukan.

Hari ke-7
Menu hari terakhir Diet GM, makan nasi merah, jus buah dan sayuran dengan porsi yang tidak dibatasi. Setelah melakukan GM Diet seminggu penuh, tubuh diklaim sudah melakukan pembersihan dan sistem pencernaan sudah didetoks. Berat badan pun berkurang hingga 4 kg - 7 kg.


(eny/eny)