Banyak Perawatan Wajah yang Gagal, Yuk Rawat Kulit dari Dalam

Tia Reisha - wolipop Sabtu, 16 Mar 2019 15:43 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Baru-baru ini dunia kecantikan dihebohkan dengan beauty editor ternama yang mencoba facial mewah ala selebriti Holywood. Tak sesuai ekspektasi, perawatan wajah tersebut justru membuat wajahnya luka-luka.

Memang perawatan wajah tak selalu berhasil karena tergantung dari jenis kulit. Selain itu, Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur juga menyebut kegagalan akibat perawatan kulit terjadi karena ingin hasil yang instan.

"Kalau kita hanya mengandalkan salah satu cara perawatan kulit terutama kalau kita mau instan tentu akan menemui kegagalan. Karena kita mau cepat hasilnya dan memaksa sel-sel kulit untuk lebih putih tanpa melihat dampak yang akan terjadi," ujar dr. Muliaman kepada Wolipop, Sabtu (16/3/2019).


Agar kulit wajah tetap terawat dan terhindar dari penuaan dini, dr. Muliaman menyarankan untuk selalu menjaga kulit tidak hanya dari luar seperti dengan facial dan lainnya, tapi juga harus merawatnya dari dalam.

"Kita harus memelihara kulit dengan baik dan benar karena kulit adalah cerminan apakah seseorang mempunyai kesehatan tubuh yang baik. Kulit kering, pucat dan memerah dan bengkak-bengkak adalah contoh kulit yang tidak baik. Tentulah di sini pentingnya menjaga kulit tidak hanya dari luar tapi harus dikombinasi dengan perawatan dari dalam," sambung dr. Muliaman.


Agar perawatan wajah semakin ideal, dampingi perawatan dari luar dengan perawatan dari dalam seperti mengonsumsi makanan sehat yang bisa menjaga kelembapan kulit. Di antaranya adalah yang mengandung kolagen seperti sayuran, buah, dan beberapa jenis ikan segar.

"Tujuan dari membuat kulit lembap adalah agar terhindar dari proses penuaan dini. Apalagi kita tinggal di negara tropis yang sangat rentan terhadap kulit kering dan cepat menua," tutur dr. Muliaman.

Makanan tinggi asam lemak seperti minyak ikan, alpukat dan kacang-kacangan, lanjut dr. Muliaman, juga baik untuk membuat kulit tetap lembap. Ada juga makanan lainnya, yakni yang mengandung protein, antioksidan, dan vitamin C serta E. Jangan lupa juga untuk rutin mengonsumsi air mineral setiap hari agar kelembapan kulit terjaga dengan maksimal.

"Ada satu jenis makanan lain yang disebutkan sangat mempengaruhi kelembapan kulit, yaitu protein dengan salah satu bagiannya kolagen peptida yang terbukti secara klinis membantu menjaga kelembapan kulit," ungkap dr. Muliaman.

Selain itu, wanita usia di atas 25 tahun akan kehilangan 1,5% kolagen dalam tubuhnya setiap tahun sehingga perlu untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kolagen untuk menggantikan kolagen yang hilang.

Kandungan kolagen peptida pun kini bisa ditemukan dalam Diva Beauty Drink. Minuman nutrisi kecantikan ini mengandung 1.000 mg kolagen aktif yang bisa menjaga kelembapan kulit dari dalam.

"Kombinasi kolagen peptida dan antioksidan superfruits dalam satu kemasan bisa didapatkan dalam Diva Beauty drink yang membantu kelembapan, penuaan dini, dan kesehatan kulit," pungkas dr. Muliaman.
(mul/mul)