Awal Tahun 2019, Beyonce dan Jay Z Ajak Penggemarnya Jalani Diet Vegan

Nada Saffana - wolipop Jumat, 04 Jan 2019 09:35 WIB
Foto: Theo Wargo/Getty Images Foto: Theo Wargo/Getty Images

Jakarta - Pasangan paling berpengaruh di dunia hiburan, Beyonce dan Jay Z, belum lama ini mengajak para penggemarnya menerapkan pola hidup vegan untuk mengawali tahun baru yang lebih sehat. Veganism merupakan pola hidup yang hanya mengonsumsi bahan-bahan nabati tanpa penggunaan unsur hewani sama sekali.

Pola hidup vegan coba diperkenalkan Beyonce dan Jay Z bertepatan dengan Veganuary, sebuah tantangan tahunan di mana orang-orang mengikuti diet berbasis nabati, selama 30 hari di Bulan Januari. Pasangan musisi ini pun membagikan manfaat dari menjalani diet vegan bagi kesehatan, di pengantar buku kesehatan "The Greenprint: Plant-Based Diet, Best Body, Better World" yang ditulis pelatih prbadi Beyonce, Marco Borges.

"Kami dulu menganggap kesehatan sebagai diet, beberapa diet berpengaruh untuk kami, beberapa tidak," kata mereka, seperti dikutip dari People.


"Begitu kami memandang kesehatan sebagai kebenaran, alih-alih diet, itu menjadi misi bagi kami untuk membagikan kebenaran dan gaya hidup itu kepada banyak orang dengan menekankan kepada lingkungan mengenai dampak positif menjadi vegan," tambahnya.

Mereka melanjutkan, "Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan kita dan kesehatan bumi ini. Mari kita bekerjasama. Mari kita sebarkan kebenarannya. Mari kita buat misi ini sebuah gerakan."

Pada Maret 2018, Beyonce menggungah foto makanan pada instagramnya dengan keterangan, "44 hari menuju Coachella !! Waktu Vegan !!".

Hal itu mengungkapkan bahwa ia mengikuti pola makan berbasis nabati demi mempersiapkan penampilan utamanya di festival musik Coachella.

Awalnya pelantun lagu 'Single Ladies' ini mengikuti diet vegan pada 2013. Kemudian sang suami, Jay Z, menuliskan pengalamannya tentang menjadi vegan di situs 22 Days Nutrition. Ia menggambarkan diet vegan sebagai 'pembersihan spiritual dan fisik.''


Gaya hidup vegan diketahui kini semakin meningkat pengikutnya. Sebuah survei yang dilakukan oleh comparethemarket.com menemukan lebih dari 3,5 juta orang Inggris kini menjadi vegan. Angka tersebut meningkat secara drastis selama beberapa tahun terakhir.

Profesor Carolyn Roberts, mantan direktur Environmental Sustainability Knowledge Transfer Network di University of Oxford, meyakini peningkatan tersebut mungkin sebagian besar disebabkan oleh pergeseran sikap terhadap masalah lingkungan.

"Perkiraan menunjukkan bahwa jika semua pemakan daging kita beralih ke pola makan vegan, kira-kira akan mengurangi separuh total emisi gas rumah kaca yang terkait dengan makanan," ujar Carolyn, seperti dikutip dari Independent.



Tonton juga 'Resep Onigirazu Vegetarian':

[Gambas:Video 20detik]



(hst/hst)