Benci Satu Kata Ini Pertanda Kamu Orang Narsis

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 28 Mei 2018 12:34 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Orang yang berkepribadian narsis memang menyebalkan. Tapi setiap manusia umumnya punya sisi narsistik dalam dirinya, tidak terkecuali Anda. Ingin tahu apa sebenarnya Anda orang yang sangat narsis? Coba pikirkan apa Anda benci mendengar penolakan.

Satu kata yang dibenci oleh kebanyakan orang narsis adalah 'tidak'. Perilaku orang narsis memang bukan hanya suka mengagumi penampilan fisik diri sendiri atau sering selfie. Umumnya mereka juga kurang senang mendengar penolakan sehingga paling tidak tahan mendengar kata 'tidak'.

Menurut profesor psychological and brain sciences, Susan Krauss Whitbourne, Ph.D., ABPP, hal itu dikarenakan orang narsis yakin dirinya lebih baik dari dari orang lain. Karena itu, orang-orang dengan tingkat narsis tinggi percaya jika mereka berhak menerima banyak atensi dan rekognisi yang menyebabkan mereka tidak suka mendengar penolakan.

Selain itu, mereka yang berpilaku narsis juga benci kritikan. Karenanya, kata 'tidak' yang tidak disukai orang narsis juga termasuk, 'tidak, kamu tidak bisa melakukan itu' atau 'tidak, kamu salah'. Apa Anda juga demikian?

Setiap orang punya sisi narsis dan kadang sulit untuk menerima kata 'tidak'. Umumnya karakteristik ini tidak terlalu berbahaya meski bisa membuat orang-orang sekitar kesal. Namun untuk orang yang narsis akut, penolakan bisa jadi sesuatu yang memunculkan masalah.

SebuahrisetdariUniversityofKentucky di 2016 pernah meneliti reaksiorangnarsis saat mereka dikucilkan atau ditolak lingkungan sekitar. Mereka yang dengantingkatnarsis tinggi ternyata bisa melakukan balas dendam.ProfesorDavidChester dan C.NathanDeWall yang memimpin studi pun percaya jika hal tersebut sering dilatarbelakangi oleh masa kecil.



Tonton juga 'Canggih! Tongsis Ini Punya Fitur Bikin Rambut Terbang':

(ami/ami)