Berat Badan Turun 11 Kg dalam 3 Minggu, Artis K-pop Ini Trauma

Hestianingsih - wolipop Kamis, 14 Des 2017 16:15 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Tuntutan untuk tampil cantik dengan tubuh langsing tak jarang membuat para artis Korea Selatan memaksakan diri untuk diet ketat. Menjalani diet ekstrem, ternyata tak hanya berdampak negatif bagi tubuh tapi juga mental.

Seperti yang dialami mantan personel girl band K-pop T-ara, Han Areum. Wanita yang lebih dikenal dengan nama panggung Areum ini mengikuti kontes idol bernama The Unit yang ditayangkan KBS.

Tiga minggu ikut dalam program tersebut, berat badan Areum turun hingga 11 kg. Sebuah penurunan berat badan yang dramatis, tapi ada harga mahal yang harus dibayar Areum. Ia mengalami trauma karenanya.

Seperti dikutip dari Koreaboo, Areum mengungkapkan kalau dirinya berhasil turun berat badan dalam waktu singkat. Namun selama menjalani diet ketat, kesehatan mentalnya juga terganggu sampai pada tahap ia harus minta bantuan psikolog.
Berat Badan Turun 11 Kg Hanya dalam 3 Minggu, Artis K-pop Ini TraumaFoto: istimewa

Areum mengaku harus mencari pakar konseling demi mengatasi tekanan psikologis berat yang ia rasakan saat menjalani diet. Rasa tertekan yang muncul, bukan semata-mata karena ia harus membatasi asupan makanan tapi lebih karena keharusan menurunkan berat badan demi menyesuaikan standar kecantikan di Korea.

Dengan berat awal 73 kg saat pertama menjadi kontestan The Unit, Areum merasakan tekanan dan tantangan mental yang cukup berat untuk menurunkan berat badannya.

Areum memang sebelumnya bermasalah dengan kesehatan mentalnya. Dilansir Soompi, salah satu alasan kenapa ia hengkang dari T-ara adalah karena mengalami fobia sosial. Fobia bertemu orang banyak itu timbul setelah berbagai rumor tentang dirinya yang sakit keras dan kesurupan makhluk halus banyak beredar di media.

"Aku sangat takut pada orang-orang. Mereka semua seperti monster," ujarnya. (hst/hst)