Mengenal Manfaat Alpukat untuk Mengusir Bau Mulut

Hestianingsih - wolipop Jumat, 07 Okt 2016 12:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Alpukat termasuk salah satu buah 'superfood' karena tinggi akan nutrisi seperti serat, lemak sehat, sedikit protein juga berbagai vitamin dan mineral. Tak hanya itu alpukat ternyata juga bisa menyingkirkan bau mulut.

Pakar kesehatan menganjurkan jika Anda ingin napas segar seharian, cobalah makan alpukat saat makan siang. Nutritionist Lovisa Nilsson menjelaskan bahwa alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak merupakan 'obat' alami untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan ketika dikunyah di dalam mulut.

"Alpukat juga diketahui bisa menghilangkan bau dari makanan yang membusuk di dalam perut," kata Lovisa seperti dikutip dari So Feminine.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, alpukat sebaiknya dikonsumsi secara utuh tanpa dicampur terlalu banyak bahan tambahan seperti gula, susu atau sirup. Anda bisa langsung memakan alpukat dengan membelahnya menjadi dua dan menyendokkan dagingnya.

Bisa juga menikmati alpukat dengan cara dibuat smoothie, dicampur bersama air kelapa dan nanas. Alternatif lain adalah menumbuk alpukat hingga berbentuk menjadi pasta, lalu dioleskan ke atas roti gandum untuk dinikmati saat sarapan atau setelah makan siang sebagai camilan.

Selain alpukat, bahan makanan lain yang bisa menghilangkan bau mulut diantaranya stroberi, kayu manis dan parsley. Ketiga bahan ini memiliki zat dan enzim yang berkhasiat melawan bakteri penyebab bau mulut. (hst/hst)