5 Makanan untuk Mengatasi Kembung Hingga Melancarkan BAB

Hestianingsih - wolipop Selasa, 27 Sep 2016 15:17 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock

Jakarta - Ada kalanya sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik. Sistem pencernaan yang kurang baik bisa menyebabkan sejumlah gangguan pada perut seperti kembung, mual, perih atau sembelit. Beberapa jenis makanan bisa membantu mengatasi masalah pencernaan ringan dan membuat perut terasa lebih nyaman. Ini lima makanan paling bersahabat bagi perut yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin, atau ketika perut tidak nyaman seperti dikutip dari Woman's Day.

1. Pepaya
Pepaya dikenal sebagai buah yang baik untuk mengatasi maag, sakit perut, heartburn dan diare. Pepaya mengandung papain, enzim pencernaan alami yang membantu memecah makanan yang mungkin membuat perut tidak nyaman. Makan pepaya secara teratur setiap hari juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan membuat BAB lebih rutin.

2. Oatmeal
Oat atau biji gandum mengandung serat larut dan tak larut air. Kedua serat ini diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat larut bersifat menyerap air dan ketika bersentuhan dengan air akan membentuk seperti gel di dalam lambung. Serat ini memperlambat proses pencernaan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Sementara serat tak larut mempercepat perjalanan makanan melalui usus, membawa sisa-sisa makanan yang tak terserap oleh tubuh dan mengeluarkannya lewat kotoran. Serat larut juga berfungsi mengurangi sembelit dengan membuat buang air besar lebih lancar.

3. Apel
Apel kaya akan serat tak larut, pectin dan banyak enzim lainnya yang membantu menghancurkan dan menyingkirkan partikel makanan yang membuat perut iritasi. Jika Anda memiliki perut yang sensitif, coba konsumsi apel dengan cara dipanggang sebentar.

4. Kayu Manis
Rempah dengan rasa dan aroma khas ini berkhasiat meredakan morning sickness pada ibu hamil dan diare. Selain itu kayu manis juga mampu mengatasi kembung. Taburkan bubuk kayu manis pada makanan atau minuman Anda.

5. Alpukat
Buah dengan rasa creamy ini kaya akan potassium dan serat yang bersahabat bagi lambung. Alpukat juga membantu melancarkan pencernaan.
(hst/eny)