6 Camilan Sehat Rekomendasi Pakar Nutrisi Saat Lapar di Malam Hari

Hestianingsih - wolipop Kamis, 14 Jul 2016 14:13 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pakar diet dan nutrisi menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan, terutama makan berat menjelang tidur malam. Tapi terkadang rasa lapar yang muncul di saat-saat sebelum tidur tak terhindarkan.

Menurut sejumlah nutritionist, makan di malam hari bukanlah hal 'terlarang' untuk dilakukan. Hanya saja sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan berprotein dan karbohidrat tinggi dalam porsi besar.



Makanan/minuman beralkohol dan pedas tidak disarankan, karena bisa mengganggu siklus tidur serta membuat perut tidak nyaman. Pilihlah makanan ringan dengan karbohidrat tinggi, namun dengan porsi yang kecil. Makanan berprotein tinggi akan mengenyangkan perut tanpa membuatnya terasa kembung. Santap juga makanan yang mengandung tryptophan dan melatonin yang bisa membantu tidur Anda lebih nyenyak. Dikutip dari Women's Health, ini daftar menu camilan yang disarankan para pakar nutrisi, bahkan mereka sendiri pun memakannya!

1. Kurma dan Selai Kacang
Menu ini disarankan oleh Shannon Garcia, M.D.S., R.D. Ketika keinginan makan makanan manis timbul di malam hari, Anda bisa memuaskannya dengan beberapa butir kurma yang dioles selai kacang. Selain mengandung gula sebagai sumber energi, kurma juga kaya akan serat yang memberi rasa kenyang pada perut dan baik bagi pencernaan. Sedangkan selai kacang merupakan sumber protein dengan citarasa gurih serta mengandung lemak sehat.

2. Roti Gandum Utuh dengan Selai Kacang
Lain lagi dengan Alissa Rumsey, M.S., R.D., dari Academy of Nutrition and Dietetics. Alissa memilih selembar roti gandum utuh dengan olesan satu sendokmakan selai kacang. Karbohidrat kompleks dari roti mendorong pelepasan insulin, yang membantu tryptophan menuju ke otak dan membuat Anda mengantuk. Olesan selai kacang akan menyediakan protein dan lemak sehat yang cukup untuk digunakan tubuh berproses ketika Anda tidur.

3. Buah Segar
Buah juga bisa menjadi alternatif camilan ketika Anda ingin sesuatu yang manis. Setengah potong buah mangga, satu cangkir melon potong atau satu butir pisang merupakan pilihan yang ideal. Untuk tambahan protein, Anda bisa mencampurnya dengan secangkir yoghurt.



4. Es Krim dengan Topping Berprotein
Tidak harus takut makan es krim di malam hari jika Anda memang benar-benar menginginkannya. Dengan catatan, jika dikonsumsi sesekali saja dan tidak setiap hari. Es krim yang terbuat dari susu mengandung karbohidrat serta protein, plus rasanya juga lezat. Satu scoop es krim rasa vanilla atau cokelat, terbilang masih 'aman'. Agar lebih bernutrisi, Anda bisa menambahkan topping seperti cacahan almond, remahan kelapa kering atau buah-buahan beku.

5. Ceri
"Saya suka makan semangkuk kecil ceri karena mengandung melatonin yaitu hormon yang bisa membantu Anda cepat ngantuk dan tidur lelap. Ceri juga rendah kalori dan kaya antioksidan," tutur Nora Minno, R.D., pakar diet dan pelatih olahraga dari New York City.

6. Pisang dengan Selai Kacang
Pisang juga kaya akan melatonin yang membantu Anda lebih cepat ngantuk dan tertidur. Sementara protein dari selai kacang membuat perut terasa lebih kenyang. Anda bisa memotong-motong pisang dan mengoleskan selai di atasnya. Simpel. Lezat. Mudah dibuat.




(hst/dng)