Ini Waktu Terbaik untuk Mendapatkan Me Time

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 03 Mei 2015 15:08 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Aktivitas pekerjaan yang padat, belum lagi harus mengurus anak, tentu saja akan menyita waktu Anda sehingga sulit untuk mendapatkan me time atau sekedar melepas penat. Meski sesibuk apapun Anda setiap hari, namun ternyata me time atau mendapatkan momen intim dengan diri sendiri harus dipenuhi setiap harinya.

"Sehari sekali paling tidak mendapatkan me time karena satu hari pasti ada saja stresnya. Tidak mungkin, tidak mungkin tidak stres. Kalau dibiarkan menumpuk-numpuk itu tinggal tunggu waktu aja di mana kita bakal meledak," ujar psikologis klinis, Tara Adisti, B.A, M.Psi di MD Place, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Me time bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, namun ada waktu terbaik untuk mendapatkan me time, yakni sebelum tidur dan ketika bangun tidur. Menurut psikolog lulusan Universitas Queensland, Australia itu, hal yang membuat orang tidak bisa tidur adalah karena terlalu banyak pikiran yang tidak selesai di hari itu.

"Ketika kita rileks sebelum tidur, kita menenangkan diri dan bisa berpikir lebih baik sehingga masalah-masalah yang kita belum selsaikan sebelum kita tidur, jadi kita tidur lebih nyenyak dan tidak kebawa mimpi buruk," jelas Tara.

Saat bangun tidur pun dibutuhkan me time untuk 'mendongkrak' semangat di pagi hari. "Coba rileks sebentar dengan berendem air panas ada aromaterapi itu akan boosting energi," tambah psikolog klinis itu.

Selain berendam air panas atau memanjakan diri di spa dan salon, me time bisa dilakukan dengan hal lain, misalnya membaca buku atau mendengarkan musik. Me time bukan melulu diartikan melakukan hal-hal yang membuat rileks sendiri, me time juga bisa dilakukan dengan curhat bersama teman.

"Me time adalah sesuatu untuk melepaskan stres. Dengan bersama sahabat kita bisa cerita dan cara itu membantu kita untuk mengeluarkan masalah agar tidak stres," terang Tara.

(kik/ami)