Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah

Hestianingsih - wolipop Selasa, 07 Apr 2015 12:50 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Sakit kepala sebelah atau migrain biasanya disebabkan oleh stres, kurang tidur, sinusitis atau adanya penyakit serius di kepala jika sakitnya terasa hebat dan menusuk. Namun ada hal yang kelihatannya sepele dan kurang diperhatikan, yang juga jadi penyebab migrain.

Pakar diet Dr Sunita Dube mengatakan, kebiasaan makan yang tidak sehat juga bisa mengakibatkan sakit kepala sebelah. "Selain stres, makanan dan minuman juga jadi 30 persen penyebab migrain," ujarnya, seperti dikutip dari Times Of India.

Lalu makanan seperti apa yang bisa memicu terjadinya migrain? Untuk mencegah migrain, sebaiknya hindari makanan yang tinggi kandungan tyramine. Tyramine merupakan jenis asam amino yang bisa memicu sakit kepala karena mengurangi tingkat serotonin di dalam tubuh dan bisa mempersempit pembuluh darah. Ini beberapa makanan mengandung tyramine, yang perlu dikurangi atau dihindari konsumsinya.

1. Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol seperti red wine, white wine dan bir mengandung cukup banyak tyramine dan phenol yang bisa memicu migrain. Pada sebagian orang, minum alkohol bisa menyebabkan sakit kepala sebelah yang cukup menusuk. Whiskey dan vodka pun bisa mengurangi kadar serotonin, yaitu hormon bahagia dan itu bisa memicu stres. Sebaiknya batasi konsumsi minuman beralkohol Anda dan hindari meminumnya setiap hari.

2. Cokelat
Cokelat selama ini dikenal sebagai makanan pembangkit mood bahagia. Tapi cokelat juga mengandung thyramine yang apabila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala. Dark chocolate sebenarnya baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan mood positif dan membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah cukup (tidak lebih dari dua keping sehari). Lebih dari itu, cokelat akan menimbulkan masalah bagi kesehatan.

3. Kopi
Pakar nutrisi klinis Dr Nupur Krishnan menjelaskan bahwa kopi bersifat adiktif, artinya menimbulkan ketagihan atau ketergantungan ringan. Ketika Anda sudah terbiasa minum kopi setiap hari dan tiba-tiba berhenti, maka bisa menimbulkan sakit kepala sebelah. Minum kopi sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan hanya saja batasi konsumsinya hanya secangkir sehari, dan usahakan minum yang jenis kopi hitam. Namun bagi Anda yang cukup sensitif dengan kafein, minum kopi juga bisa mengakibatkan migrain jadi sebaiknya dihindari.

(hst/fer)