Liputan Khusus Masalah Miss V

Organ Intim Terasa Sakit Ketika Bercinta, Ini Dia Penyebabnya

Intan Kemalasari - wolipop Jumat, 29 Agu 2014 19:12 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Keputihan dapat menyebabkan rasa sakit yang timbul ketika berhubungan seksual. Dalam istilah kedokteran, hal ini biasa disebut dengan vaginitis. Vaginitis adalah peradangan pada dinding vagina yang seolah-olah mengalami pembengkakan dan meradang. Infeksi pada vagina ini dapat disebabkan oleh kuman yang berbeda, namun jenis yang paling banyak ditemukan adalah bakterial vaginosis atau BV.

Vaginitis merupakan hal yang sangat umum dan kebanyakan wanita akan mempunyai beberapa jenis vaginitis setidaknya sekali dalam hidup. Beda halnya dengan dinding vagina yang kering pada wanita yang mengalami menopause. Akibatnya, berhubungan seksual terasa sakit dan lecet karena tidak licin. Kondisi lain seperti kurangnya cairan lubrikasi juga dapat menyebabkan organ intim terasa sakit dan kering pada saat berhubungan seksual.

Vaginitis tidak selalu disebabkan oleh infeksi menular seksual karena sebagian besar penyebabnya adalah keseimbangan bakteri yang normal dalam vagina. Vagina yang sehat akan memiliki keseimbangan dari berbagai macam bakteri, salah satunya bakteri lactobacillus yang dapat membantu menjaga vagina.

Terkait dengan hal ini, Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, Dr. M. Rezha Faisal, SpOG menuturkan bahwa, apabila organ intim terasa sakit ketika berhubungan, harus diatasi terlebih dahulu infeksi dan peradangannya. "Biasanya tidak boleh berhubungan seksual dulu selama pengobatan. Lama pengobatan biasanya seminggu atau dua minggu, tergantung berat atau ringannya penyakit," jelasnya ketika ditemui Wolipop pada hari Rabu (27/08/2014) lalu.

Cara yang mudah bisa dilakukan untuk mengatasi vaginitis, seperti membersihkan vagina dari bagian depan ke belakang, kenakan celana yang berbahan katun agar tidak lembab, dan sebaiknya hindari pemakaian celana ketat dalam cuaca panas.

(kik/kik)