Cara Mengolah Bawang Putih untuk Turunkan Berat Badan

- wolipop Senin, 24 Feb 2014 07:48 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta -

Bawang putih lebih dikenal sebagai bumbu penyedap masakan. Hampir tidak ada makanan yang tidak menggunakan bawang putih dalam pengolahannya. Tapi manfaat bawang putih ternyata tidak sebatas sebagai bumbu masakan.

Bahan dengan aroma khas dan cukup menyengat ini juga bisa membantu Anda dapatkan berat badan ideal. Bawang putih mengandung beberapa senyawa unik yang dipercaya mampu memelihara kesehatan tubuh. Salah satunya allicin, senyawa serupa belerang yang terbentuk setelah bawang putih mentah dipotong atau dimemarkan.

Ketika dipotong-potong, dicincang atau dimemarkan, bawang putih akan mengeluarkan aroma dan rasa yang khas. Aroma menyengat itulah tanda bahwa allicin sudah terbentuk. Apa kehebatan dari zat ini?

Seperti dikutip dari Health Me Up, allicin pada bawang putih berkhasiat sebagai penahan nafsu makan yang mengirimkan sinyal-sinyal pada otak bahwa tubuh sudah kenyang. Hal itu menyebabkan hasrat makan jadi berkurang. Selain itu bawang putih juga menstimulasi sistem syaraf untuk melepaskan adrenalin. Hormon ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan ketika metabolisme seseorang baik, maka akan membuat tubuh lebih efektif membakar kelebihan kalori dan turunkan berat badan.

Khasiat allicin sebagai penahan nafsu makan ini sudah dibuktikan oleh para peneliti dari Weizman Institute, Israel. Mereka menemukan bahwa allicin yang terkandung dalam bawang putih merupakan pengontrol hasrat makan yang efektif. Tim peneliti yang diketuai Dr. David Mirelman itu juga mengungkapkan kalau bawang putih juga bisa menurunkan kolesterol jahat, mencegah diabetes dan menjaga kesehatan jantung.

Dalam sebuah percobaan pada tikus juga ditemukan, tikus yang diberi zat allicin tidak mengalami kenaikan berat badan, risiko menderita diabetes juga lebih rendah. Berbeda dengan tikus percobaan tanpa asupan allicin yang semakin hari bertambah gemuk.

Begitu banyak khasiat allicin untuk kesehatan terutama mereka yang ingin turunkan berat badan dan menjadi langsing. Sayangnya allicin sangat rentan hilang, rusak atau berubah menjadi zat lainnya. Enzim yang memproduksi allicin umumnya akan rusak atau mati jika bawang putih langsung dimasak dalam keadaan utuh.

Jadi untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bawang putih, sebaiknya memotong atau mencacahnya terlebih dahulu. Bisa juga diblender atau dimemarkan, baru lakukan pemanasan dengan ditumis, direbus atau dicampurkan dengan bahan lainnya.

(hst/kik)