5 Gangguan Kesehatan yang Rentan Dialami Wanita

Karina Mahardi - wolipop Minggu, 23 Sep 2012 11:11 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - 5 Gangguan Kesehatan yang Lebih Rentan Dialami Wanita Daripada Pria (health - karina)

Pria dan wanita berbeda secara biologis sehingga memiliki kondisi kesehatan yang berbeda pula. Ada beberapa penyakit yang cenderung lebih berbahaya bagi wanita dibandingkan pria. Berikut adalah penyakit-penyakit yang rentan diderita wanita dan cara mencegahnya, seperti dilansir iDiva.

1. Osteoporosis
Setelah menopause, wanita kehilangan massa tulang lebih cepat daripada pria karena mengalami perubahan hormon dalam tubuh. Untuk mencegahnya, mulailah mengonsumsi 4-5 gelas susu per hari disertai dengan gerakan yang melatih fisik Anda.

2. Depresi
Menurut psikolog Dr Anirudh Kamar, perubahan konstan pada hormon estrogen dan progesteron serta produksi serotonin (hormon kegembiraan) yang sedikit dari otak wanita dapat membuat mereka lebih mudah terserang depresi. Untuk mencegahnya, luangkan sedikit waktu untuk memanjakan diri atau lakukan meditasi setiap harinya.

3. Penyakit Seksual Menular
Perubahan hormonal menyebabkan naik-turunnya berat badan secara terus-menerus yang mengganggu sistem imun tubuh. Hal ini membuat wanita lebih rentan terkena penyakit seksual menular.

4. Penyakit Jantung
Rata-rata wanita mengalami serangan jantung pertamanya 10 tahun lebih lambat dari pria, namun wanita lebih rentan mengalami serangan jantung kedua yang lebih cepat. Peluang ini dapat bertambah besar setelah menopause. Untuk mencegahnya, cobalah meluangkan waktu setidaknya 30 menit per-hari untuk olah raga kardio yang menjauhkan Anda dari penyakit jantung.

5. Insomnia
Menurut hasil penelitian, jam tidur wanita rata-rata lebih sedikit daripada pria. Biasanya disebabkan tekanan yang dialami wanita seperti mengurus keluarga, kewajiban memasak, dan sebagainya. Pekerjaan yang multitasking kadang membuat wanita cenderung lebih mudah terserang tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan depresi. Mulailah menciptakan jam tidur yang berkualitas dengan mematikan semua gadget Anda dari satu jam sebelum tidur.

(hst/hst)