7 Keuntungan Sewa Baju Mahal Daripada Beli Baru

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 23 Okt 2018 17:06 WIB
Foto: Agung Pambudhy/detikfoto Foto: Agung Pambudhy/detikfoto

Jakarta - Tampil stylish ternyata tak melulu harus dengan baju baru. Alih-alih membeli, menyewa baju bisa menjadi alternatif untuk bergaya maksimal, baik di kantor atau saat menghadiri arisan.

Style Theory adalah aplikasi pertama di Asia Tenggara yang menawarkan jasa sewa baju premium perempuan dengan sistem berlangganan. Berbasis di Singapura, layanan yang eksis sejak 2016 ini sudah berekspansi ke pasar Indonesia sejak setahun terakhir.


Koleksi terbaru dari Rani Hatta yang tersedia di aplikasi sewa baju Style Theory.Koleksi terbaru dari Rani Hatta yang tersedia di aplikasi sewa baju Style Theory. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)
"Respons masyarakat Indonesia sangat positif. Indonesia adalah pasar yang potensial bagi kami. Pertumbuhannya bahkan dua kali lipat dibanding saat kami meluncurkannya pertama kali di Singapura," ungkap Chris Halim, salah satu pendiri Style Theory, kepada Wolipop di Jakarta Fashion Week 2019, Senin (22/10/2018).

Dengan biaya langganan Rp 590 ribu sebulan, pengguna dapat meminjam hingga tiga busana dalam sepekan. Pilihan busana yang bervariasi dari 200-an desainer dan label, baik lokal maupun internasional menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa di antaranya yakni Calvin Klein, Ralph Lauren, Tex Saverio, hingga Rani Hatta.

Style Theory saat ini baru tersedia untuk pengguna di Jakarta dan sekitarnya. Namun, setelah melihat antusiasme pasar Indonesia, Chris berencana memperluas layanannya ke kota-kota besar seperti Surabaya dan Bandung.

Lantas, akan kah menyewa baju menjadi tren baru sekaligus merevolusi cara kita dalam berpakaian? Kita lihat saja nanti. Sembari menunggu, berikut tujuh keuntungan dari menyewa baju daripada membeli.


1. Lebih ekonomis dan hemat

7 Keuntungan Sewa Baju Mahal Daripada Beli BaruFoto: iStock
Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi penampilan yang baru. "Secara statistik, perempuan hanya memakai baju yang sama sebanyak dua kali. Jadi, kalau bisa menyewa, buat apa buang-buang uang untuk membeli baju baru?" ujar Chris.

2. Lebih banyak pilihan

7 Keuntungan Sewa Baju Mahal Daripada Beli Baru(Foto: iStock)


Layanan seperti Style Theory menawarkan banyak pilihan busana hingga sekitar 6.000 fashion item. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan atau selera.

3. Baju Mahal Harga Miring

7 Keuntungan Sewa Baju Mahal Daripada Beli Baru(Foto: Shutterstock)
Memakai baju mahal dan kekinian rancangan desainer terkenal tanpa harus membeli bukan lagi impian. Menyewa baju bisa menjadi alternatif untuk mewujudkan hasrat Anda berbalut busana mahal tanpa membuat kantong bolong.


4. Lebih bersahabat dengan ukuran badan

7 Keuntungan Sewa Baju Mahal Daripada Beli Baru(Foto: shutterstock)
Baju yang sudah tidak muat lagi dengan badan adalah salah satu permasalahan klasik yang kerap dihadapi. Dengan menyewa pakaian, Anda bebas memilih pakaian sesuai ukuran badan saat itu

5. Lemari Lebih Lega

7 Keuntungan Sewa Baju Mahal Daripada Beli Baru(Foto: iStock)
Keuntungan lain dari merental pakaian adalah Anda tidak perlu pusing lagi mencari celah di lemari untuk menyimpannya. Setelah dipakai, Anda tinggal mengembalikannya.

6. Tidak Perlu Cuci

7 Keuntungan Sewa Baju Mahal Daripada Beli Baru(Foto: Rengga Sancaya/detikfoto)
Jika Anda tidak punya waktu untuk mencuci pakaian, maka jasa rental baju bisa menjadi solusi. Biasanya, paket peminjaman sudah termasuk jasa binatu sehingga Anda tak perlu repot-repot lagi mencucinya.

7. Ramah Lingkungan

7 Keuntungan Sewa Baju Mahal Daripada Beli Baru(Foto: iStock)
Banyak riset yang menyebut fashion adalah salah satu penyumbang polusi terbesar di dunia. Logikanya, pakaian yang dirental kemungkinan besar bisa dipakai berulang kali oleh orang yang berbeda. Dengan begitu, pakaian tersebut tak cepat berakhir di tempat sampah.
(dtg/dtg)