6 Tips Merawat Sepatu Kulit agar Tahan Lama

Hestianingsih - wolipop Jumat, 28 Sep 2018 18:08 WIB
Sepatu kulit buaya dari brand Hermes. Foto: ist
Jakarta - Merawat sepatu berbahan kulit agar tahan lama perlu perhatian dan ketelatenan tersendiri. Kamu tentunya tidak mau, sepatu kulit yang dibeli dengan harga mahal cepat rusak karena tidak tepat perawatannya.

Seperti dikutip dari India Times, ini enam cara merawat sepatu kulit agar tahan lama.

1. Jangan Taruh Dalam Boks
Sebaiknya taruh sepatu di area yang terbuka seperti rak sepatu. Karena jika disimpan di dalam boks, sirkulasi udaranya terbatas dan kelembapannya cenderung tinggi. Area yang lembap akan membuat sepatu kulit lebih mudah berjamur dan mengelupas.

2. Cepat-cepat Keringkan
Ketika sepatu kulit basah terkena air, segera keringkan dengan mengelapnya menggunakan kertas koran hingga benar-benar kering. Jangan pernah menggunakan alat pengering karena dapat menghancurkan bahan sepatu.

Tips merawat sepatu kulit.Tips merawat sepatu kulit. Foto: Istimewa


3. Bersihkan dengan Hati-hati
Rendam kain lap ke air hangat kemudian gunakan untuk membersihkan debu pada sepatu. Lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan dijemur di bawah sinar matahari

4. Pakai Ganjalan sepatu
Coba gunakan ganjalan sepatu yang terbuat dari kayu. Penggunaan ganjalan tidak hanya dapat menyerap kelembapan dari dalam sepatu tapi juga menjaga sepatu agar tetap pada bentuknya.

5. Pakai Kondisioner Khusus Bahan Kulit
Biasanya sepatu bahan kulit lebih gampang kehilangan kelembapan serta fleksibilitasnya. Maka itu disarankan untuk menggunakan kondisioner khusus bahan kulit setiap dua minggu sekali.

6. Semir
Saat memilih produk semir sepatu, sebaiknya cari yang dapat membuat bagian atas sepatu terlihat berkilau, tanpa menembus ke bagian dalam kulit sepatu. Dengan menggunakan semir, bagian atas sepatu dapat terlindungi sehingga sepatu terlihat berkilau.
(hst/eny)