ADVERTISEMENT

Viva Magenta Terpilih Jadi Tren Warna 2023 Versi Pantone

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 02 Des 2022 19:30 WIB
Viva Magenta jadi Tren Warna 2023 Versi Pantone Pantone mengumumkan 'Viva Magenta' sebagai Color of the Year 2023. (Foto: Dok. Pantone)
New York City -

Sudah menjadi tradisi bagi Pantone untuk mengumumkan tren warna setahun ke depan setiap menjelang pergantian tahun. Kali ini, mari sambut 'Viva Magenta' sebagai 'Color of the Year' untuk 2023.

Dalam bayangan mungkin terlintas magenta yang dominan ungunya ketika mendengar tren warna 2023 ini. Namun, 'Viva Magenta' lebih condong kemerahan.

"Ini (Viva Magenta) merupakan warna alami turunan dari keluarga merah dan secara ekspresif menjadi sinyal baru dari kekuatan," ujar Executive Director Pantone Color Institute Leatrice Eiseman di situs Pantone.

Seperti Veri Peri yang dinobatkan tahun lalu, Viva Magenta masih berkorelasi dengan situasi kehidupan saat ini di mana dunia masih berjuang hidup berdampingan dengan pandemi COVID-19. Warna ini lantas merepresentasikan kepastian, optimisme, dan harapan.

"Saat banyak hal yang memengaruhi cara pandang kita dan banyak perubahan terjadi dengan cepatnya dan berdampak pada kehidupan kita saat ini, tidak diragukan lagi bahwa COVID masih menjadi pengaruh yang kuat," kata Leatrice.

Viva Magenta jadi Tren Warna 2023 Versi Pantone(Foto: Dok. Pantone)


Dalam menyeleksi tren warna, Pantone memiliki tim khusus yang melakukan riset dan survei mendalam terhadap dinamika warna yang terjadi di bidang fashion dan desain.

Seperti dilansir dari New York Times, hasil survei tersebut lalu diinterpretasikan dengan bantuan mesin intelejensia buatan bernama Midjourney yang membaca algoritma tren di internet sehingga menghasilkan sebuah ekosistem warna yang disebut Pantone 'Magentaverse'.

"Dengan semakin besarnya peran dunia virtual dalam kehidupan kita, kami tetap mengambil inspirasi dari alam dan apa yang nyata. Berakar dari purbakala, Viva Magenta menghubungkan kita dengan sesuatu yang sangat penting. Memunculkan kekuatan alam, warna ini membangkitkan semangat dan membangun kekuatan terdalam pada diri kita," jelas Leatrice.



Simak Video "Potret Jokowi Beli Sepatu Kets Corak Tenun di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)