Shopee Ajak Warga Paris Ikut Keseruan Membatik Lewat Java in Paris

Hanifah Widyas - wolipop Minggu, 19 Jun 2022 15:53 WIB
Java in Paris Foto: Istimewa
Jakarta -

Warga Paris terlihat antusias mengikuti workshop membatik di Le BHV Marais, Paris, salah satu department store jaringan Galeries Lafayette. Diselenggarakan oleh KBRI Paris pada 11 Juni 2022 lalu, workshop membatik ini mampu menarik perhatian penduduk kota Paris.

Tidak hanya penduduk asli Paris saja, turis mancanegara dan masyarakat Indonesia juga terlihat sengaja mengunjungi workshop tersebut untuk melihat produk-produk lokal tanah air di Le BHV Marais. Kegiatan tersebut turut diramaikan pula oleh Mahasiswa-mahasiswa Indonesia dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Paris.

Kegiatan membatik yang diadakan selama dua jam ini praktis menarik perhatian dan antusiasme warga pengunjung di mall legendaris milik Kota Paris ini. Rayi Berlian atau yang akrab disapa dengan 'Mpok Rempong' merupakan salah satu peserta yang menghadiri workshop. Warga Indonesia yang menetap di Paris ini juga merekam keseruan serta antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan membatik.

Rayi terlihat mewawancarai salah satu pengunjung workshop asal Paris dalam video yang diunggah di akun YouTube Mpok Rempong. Dikatakan oleh pengunjung tersebut kalau aktivitas membatik ini merupakan pengalaman yang sangat menarik baginya.

"Workshop batik ini menurut saya ide yang sangat bagus, kalian menunjukkan kepada warga Prancis yang tidak bisa pergi ke Indonesia untuk melihat proses pembuatan batik. Saya pernah mengunjungi Indonesia, Indonesia negara yang sangat indah," jelas salah satu pengunjung dalam keterangannya, Minggu (19/6/2022).

Para peserta khususnya masyarakat Paris, mulai dari lansia, dewasa, remaja, hingga anak-anak mengikuti kegiatan dengan antusias terlihat dari pertanyaan yang mereka ajukan kepada trainer data acara berlangsung. Kegiatan membatik dibuka dengan mencairkan lilin panas yang akan digunakan untuk menggambar bentuk atau pun mewarnai area-area kain. Alat berbahan dasar kayu yang digunakan untuk meletakkan lilin cair panas tersebut disebut canting.

"Gimana kita tidak bangga, batik Indonesia mendunia sampai ke Paris dan banyak masyarakat Paris antusias untuk mencoba membuatnya. Top banget dah ini bisa bawa batik go internasional!" ungkap Mpok Rempong.

Mpok Rempong juga terlihat berbincang dengan warga lokal sekaligus pengajar pembuat batik, Erlina Doho. Erlina merasa bangga karena dapat memperkenalkan batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

Java in ParisJava in Paris Foto: Istimewa

"Bagi saya memperkenalkan budaya kita itu sangat penting untuk menunjukkan identitas kita. Setelah mereka mencoba membuat batik, mereka merasa bahwa membuat Batik tidak semudah itu sehingga mereka dapat lebih menghargai kalau budaya kita mempunyai nilai tersendiri dan memiliki banyak filosofi dibaliknya. Senang sekali melihat antusiasme mereka dalam membuat Batik ini," papar Erlina.

Workshop pembuatan batik ini merupakan rangkaian kegiatan dari program #ShopeeJAVAinPARIS. Program tersebut merupakan ajang promosi ratusan jenis produk dari UMKM lokal Indonesia terpilih kurasi kemudian menjualnya di Le BHV Marais, Paris, department store jaringan Galeries Lafayette.

Program ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Kota Solo, KBRI Paris, BHV Marais, dan Shopee Indonesia, dalam mempromosikan produk kreatif dan budaya Indonesia ke pasar global. Mengusung tema 'Indonesie - De Java, A Bali', program tersebut menunjukkan bahwa #ShopeeAdaUntukUMKM.

Le BHV Marais akan menghadirkan produk-produk UMKM asal Solo dan Jawa Bali secara umum yang telah terpilih kurasi dan dituju selama satu bulan lebih (8 Juni-17 Juli 2022). Tidak hanya memperkenalkan Indonesia di mata Warga Paris, produk-produk tersebut juga memberikan warna baru di department store ini. Salah satu produk yang dihadirkan adalah Batik Solo sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO.

Java in ParisJava in Paris Foto: Istimewa

Terakhir, Mpok Rempong mengingatkan bagi masyarakat yang sedang berada di Paris untuk segera berkunjung ke BHV Marais di 52 Rue de Rivoli, 75004 Paris, France untuk bisa melihat dan membeli langsung produk-produk UMKM Indonesia sebelum 17 Juli 2022.

Lebih lanjut, tonton keseruan workshop membuat Batik di kanal YouTube Mpok Rempong: Bangga! Bule-Bule Ikut Workshop Buat Batik di Paris



Simak Video "Indonesia Tak Termasuk, Ini Negara yang Kena Dampak PHK Massal Shopee"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)