ADVERTISEMENT

7 Tips Merawat dan Mencuci Kaftan Berbahan Sifon

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 01 Mei 2022 03:30 WIB
tunik kaftan lebaran 2018 Tips merawat dan mencuci kaftan. Foto: ist
Jakarta -

Kaftan atau baju muslim dengan bahan sifon masih menjadi favorit para kaum wanita untuk Lebaran karena bahannya yang ringan. Apakah kamu yang termasuk akan memakai kaftan saat Lebaran atau Idul Fitri 2022? Berikut tips merawat dan mencuci kaftan.

Kamu bisa mencuci kaftan di rumah tanpa harus ke laundry. Yang paling penting kamu perhatikan dengan seksama instruksi pencuciannya yang biasanya ada di label busana.

Saat kaftan berbahan sifon terkena noda, berikut tips mencuci dan merawatnya:

1. Ketahui Jenis Sifon. Bahan sifon terdiri dari beberapa jenis, mulai dari silk sifon, polyester, dan rayon crepe. Bahan silk adalah bahan sifon yang paling halus dan ringan. Bahan itu hampir sama dengan polyester, hanya saja sifon silk lebih mudah rusak jika tidak dicuci dengan tangan.

Untuk bahan rayon crepe, atau sering disebut 'sutra buatan', bahannya juga halus namun tidak stabil karena salah-salah justru bisa membuat bahan mengecil ketika dicuci. Mengetahui perbedaan bahan, akan membantu Anda memilih temperatur air dan perawatan yang tepat.

2. Perhatikan dengan seksama instruksi mencuci yang terdapat pada label baju sifon Anda. Biasanya dalam label itu dijelaskan cara pencucian serta pengeringan baju agar tidak luntur dan rusak.

Kaftan brokatKaftan Foto: Intan Kemala Sari/Wolipop

3. Untuk kaftan berdetail payet, hindari mencucinya dengan mesin cuci. Cara terbaik adalah dengan mencuci secara manual atau pakaian tangan. Hal itu akan membuat payet tak rusak dan berubah bentuk.

4. Saat hari raya, Anda pun akan mempersiapkan makanan untuk para tamu yang datang. Tak jarang, kaftan Anda dipenuhi dengan noda minya akibat terciprat makanan. Solusinya, taburkan bedak di atas area tersebut untuk mencegah minyak membekas di bahan baju.

5. Jika kaftan berbahan sifon terkena permen karet, segera cari es batu atau lilin untuk membuat permen karet menjadi kaku dan mudah dilepas. Cukup gosokkan es pada tempat yang terkena permen karet, dan tunggu sampai mengeras. Kemudian mulailah untuk mengangkat permen secara perlahan.

6. Untuk noda yang sulit dihilangkan seperti darah atau keringat, gunakan deterjen cair khusus untuk baju berbahan halus. Rendam dalam air suhu normal kurang lebih 30 menit kemudian bilas.

7. Jika noda masih belum hilang, campurkan satu atau dua tetes detergen dengan sejumlah hidrogen peroxida, usapkan pada area yang bernoda. Kemudian rendam dalam air dingin selama 30 menit dan bilas.



Simak Video "Baju Set Keluarga Masih Jadi Idaman untuk Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)