ADVERTISEMENT

Viral Brand Indonesia Klaim Show di Paris Fashion Week, Membodohi Masyarakat

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 07 Mar 2022 18:15 WIB
Brand lokal Indonesia tampil di Paris Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Sejumlah brand fashion lokal Indonesia menampilkan karya di Paris dan mengklaim sebagai acara Paris Fashion Week 2022. Namun ternyata acara fashion para desainer itu berbeda dengan Paris Fashion Week yang sebenarnya. Klaim desainer Indonesia tampil di Paris Fashion Week ini pun dianggap sebagai kesalahan informasi yang bisa membodohi masyarakat.

Unggahan Instagram Story dari akun @mrluckyheng viral di media sosial karena mengkritisi desainer Indonesia yang mengklaim tampil di Paris Fashion Week. Padahal dalam jadwal dari akun Instagram resmi Paris Fashion Week, tak ada satupun nama desainer Indonesia.

"Agak sebel sama brand Indonesia yang claim masuk Paris Fashion Week tahun ini. Semua berani claim dan pakai nama Paris Fashion Week tapi gak ada yg berani tag @parisfashionweek," demikian @mrluckyheng menulis di unggahannya Senin (7/3/2022).

"Informasi missleading ini cukup membodohkan masyarakat sebenarnya. The real Paris Fashion Week hanya ada satu. Yaitu yang diselenggarakan oleh Fédération française de la couture. Jadwal officialnya juga hanya ada satu. Sisanya banyak media dan agency memperjualbelikan slot tayang untuk memasukkan jadwal 'palsu' ke kalender asli, mengatasnamakan PFW seolah-olah legit," tulis @mrluckyheng.

"Namanya juga sudah Fashion Week, brand non fashion tidak pernah eligible masuk ke Paris Fashion Week. Bukan Beauty Week atau Culinary Week. Di website FHCM juga jelas tertera," tulis @mrluckyheng yang juga menyertakan link website penyelangara Paris Fashion Week yaitu Fédération française de la couture.

Kritik atas klaim brand lokal di Paris Fashion WeekKritik atas klaim brand lokal di Paris Fashion Week Foto: Dok. Instagram @mrluckyheng

Lucky Heng menambahkan dalam unggahannya klaim tampil Paris Fashion Week sudah cukup lama dilakukan para desainer atau brand. Namun pada 2022 ini ada banyak brand yang melakukan klaim tersebut.

"Sebagian brand yang ikut menurut saya sebenarnya dalam hati mereka tahu sendiri dan aware, sehingga menulis Paris Fashion Swow instead," tulis @mrluckyheng lagi.

"Saya agak marah dan sebel saja karena I genuinely love fashion. Dan ini adalah informasi yang sebenarnya justru memalukan Indonesia kalau didengar oleh dunia luar. Singkat kata, kita mengada-ada sendiri," tulis @mrluckyheng dalam unggahan di Instagram Story.

Lucky juga menuliskan bahwa para brand Indonesia yang tampil di Paris bukanlah bagian dari ajang Paris Fashion Week. Brand lokal tersebut hanya menggelar show di Paris bersamaan dengan penyelenggaraan Paris Fashion Week 2022.

"Just a show in Paris but not on Paris Fashion Week," tegasnya.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi pemilik akun Instagram @mrluckyheng untuk mengonfirmasi mengenai unggahannya. Lucky mengatakan dia membuat tulisan tentang aksi missleading desainer Indonesia tampil di Paris Fashion Week karena heran banyak pihak, khususnya media, yang salah menuliskan.

"Saya sendiri memang penyuka fashion, jadi hanya sekadar menulis dan mengutarakan fakta yang sebenarnya saja. Karena banyak penulis, media, hingga oknum-oknum yang tidak mengerti dan hanya menulis berita sekadar berita tanpa mengerti apa itu Paris Fashion Week sebenarnya," ujar Lucky Heng kepada Wolipop saat dihubungi Senin (7/3/2022).

Lucky dalam kesehariannya merupakan seorang penyuka fashion. Dia bekerja sebagai pendiri dari brand parfum Alien Objects. Lucky mengaku unggahannya tersebut bukan karena ingin menjatuhkan brand lokal yang tampil di Paris.

"Saya yakin kita mempunyai tujuan yang sama, yaitu semua cinta dan bangga kepada Indonesia. Cuma saya berharap semoga kita tidak menyalahgunakan informasi dan membodoh-bodohkan masyarakat kita sendiri dengan fakta yang tidak benar, karena ini justru akan memalukan kita sendiri nantinya," tutupnya



Simak Video "Menparekraf Soal Heboh Brand Lokal Klaim Show di Paris Fashion Week"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)