5 Merek Jam Tangan Terlaris di Indonesia, Jenis Automatic Makin Diminati

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 07 Des 2021 07:30 WIB
Ilustrasi merek jam tangan terlaris di Indonesia. (Foto: Getty Images/iStock) Ilustrasi merek jam tangan terlaris di Indonesia. (Foto: Getty Images/iStock)
Jakarta -

Masyarakat Indonesia ternyata tetap bergairah untuk bergaya dengan jam tangan baru meski diterpa pandemi COVID-19. Lantas merek jam tangan apa saja yang paling laris di Tanah Air?

Berdasarkan data penjualan 2020-2021 dari situs Jamtangan, terungkap bahwa jam tangan jenis automatic sangat diminati di Indonesia. Terbukti, setidaknya lebih dari 15.000 buah jam tangan automatic yang terjual.

Berbeda dari jam tangan jenis quartz yang sempat mendominasi pasar, jam tangan automatic atau yang menggunakan mesin mekanis tidak membutuhkan baterai. Mesin jam berjalan otomatis dengan mengandalkan tenaga dari penggerak itu sendiri.

Kepamoran jam tangan automatic ini sempat terancam oleh kehadiran quartz yang bertenaga baterai pada 1970-an. Sampai-sampai timbul fenomena 'quartz crisis' di Eropa (khususnya Swiss) menyusul invasi berbagai jam tangan quartz.

Dibandingkan jam automatic yang memiliki harga tinggi kala itu serta perawatan yang lebih tinggi (harus diservis sekali dalam 3-5 tahun, tidak boleh dekat obyek bermedan magnet tinggi, dan sangat sensitif terhadap guncangan keras), jam tangan quartz menawarkan alternatif yang jauh lebih praktis dan mudah.

Namun seiring perkembangan zaman, tawaran desain jam tangan automatic semakin beragam dan harganya pun bersaing.

"Sejak bangkit dari 'quartz crisis', jam tangan automatic mengalami perubahan nilai. Bukan sekadar fungsi, jam tangan automatic kini punya positioning sebagai jam mewah dengan craftsmanship tinggi," ujar CEO Jamtangan Paul Cahyadi dalam keterangan resminya kepada Wolipop detikcom, Senin (6/12/2021).

Berikut lima merek jam tangan automatic terlaris selama periode Januari 2020 - September 2021:

1. Seiko

Jam Tangan Terlaris di Indonesia (2020-2021)Jam tangan Seiko Prospex SPB103J1 (Foto: Dok. Jamtangan.com)

Kualitas jam tangan automatic Seiko memang adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Tak heran, jam automatic Seiko selalu jadi buruan dan mencatatkan angka penjualan tertinggi yakni mencapai 54,36 persen.

Jam automatic Seiko tak hanya mengandalkan kualitas, tapi juga memiliki ciri khas. Seiko Prospex SPB103J1 misalnya, sukses menjadi best-seller karena fitur automatic movement Cal. 6R35 yang andal serta menyajikan figur menyerupai Rolex Submariner Hulk sehingga kerap dijuluki sebagai Seiko "Sumo Hulk".

2. Spinnaker

Jam Tangan Terlaris di Indonesia (2020-2021)Spinnaker Vintage Dumas (Foto: Dok. Jamtangan.com)

Spinnaker menempati urutan kedua penjualan jam automatic tertinggi dengan persentase 17,73 persen. Beberapa seri automatic yang paling menjadi buruan adalah Spinnaker Vintage Bradner, Spinnaker Hull, dan Spinnaker Vintage Dumas.

Ketiganya memiliki keunggulan serupa yakni fitur diving mumpuni, Japanese automatic movement, dan harga sangat terjangkau untuk sebuah automatic-watch yakni sekitar Rp 2 juta. Spinnaker disebut menjadi pilihan bagi pemburu jam tangan automatic berkualitas karena harga yang terbilang bersahabat.

Selanjutnya
Halaman
1 2