ADVERTISEMENT

Virgil Abloh Meninggal, Louis Vuitton Buat Patung Raksasa Sang Desainer

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 01 Des 2021 16:15 WIB
Patung Virgil Abloh di Fashion Show Louis Vuitton Virgil Abloh di fashion show Menswear Fall 2020/2021 Louis Vuitton. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)
Miami -

The show must go on. Rencana Virgil Abloh untuk menggelar fashion show koleksi busana pria Spring-Summer 2022 Louis Vuitton akhirnya terwujud meski sosoknya telah tiada.

Fashion show digelar di Miami, Florida, Selasa (30/11/2021) atau hanya dua hari setelah Virgil Abloh diumumkan meninggal karena kanker.

Koleksi teranyar dan terakhir karya desainer AS keturunan Ghana ini pun diberi nama khusus. 'Virgil Was Here', demikian tajuk koleksinya.

Sejumlah selebriti dan para persona dari dunia fashion datang untuk memberikan penghormatan terakhirnya. Hadir Kanye West dan mantan istrinya, Kim Kardashian. Putri mereka, North West, pun tak ketinggalan.

Selain menggelar fashion show, Louis Vuitton juga mengenang sosok Virgil Abloh dengan mendirikan patung sang desainer berukuran raksasa di lokasi acara.

Patung Virgil Abloh di Fashion Show Louis VuittonPatung Virgil Abloh di fashion show busana pria Spring-Summer 2022 Louis Vuitton. (Foto: Instagram/carsongu0)

Patung tersebut hadir dalam beragam warna yang merepresentasikan sisi artistik desainer yang meninggal dalam usia 41 tahun itu. Sementara itu, desain patungnya dibuat seakan Virgil Abloh sedang menatap angkasa sambil memegang buku sketsa bermotif monogram 'LV'.

Sebagai pamungkas, fashion show ditutup dengan atraksi drone yang membentuk kata 'VA' dan 'Virgil Was Here'. Seperti dilansir dari Hypebeast, 'VA' merupakan singkatan dari Virginia, negara bagian yang menjadi rumah Virgil.

Sebelum meninggal di Chicago, pria kelahiran Rockford pada 30 September 1980 itu sudah dua tahun memegang posisi direktur artistik divisi busana pria Louis Vuitton. Ia menjadi kepala desainer berkulit hitam pertama dalam sejarah rumah mode berusia 167 tahun itu.

[Gambas:Instagram]



Juli lalu, perusahaan induk Louis Vuitton, LVMH memberi Virgil Abloh sebuah peranan baru yang memungkinkannya untuk menangani 75 brand.

Di luar Louis Vuitton, desainer yang juga berbakat sebagai DJ ini masih mengurusi label Off-White yang didirikannya pada 2013. Hadir dengan garis desainnya yang bergaya urban (streetwear) tapi dikemas dalam konsep yang luks (high-end), Off-White sukses menjadi salah satu brand fashion yang populer di kalangan kaum hypebeast.

"Kami semua terkejut mendengar kabar ini. Tak sekadar desainer yang genius dan visioner, ia juga seorang pribadi yang berjiwa mulia dan bijaksana," ujar CEO LVMH Bernard Arnault dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip Associated Press.

Virgil Abloh meninggal dalam usia 41 tahun setelah dua tahun berjuang melawan cardiac angiosarcoma, sebuah kanker langka yang tumbuh di jantung. Ia meninggalkan seorang istri dan dua anak.



Simak Video "LV Pamerkan Koleksi Terakhir Virgil Aboh Lewat 'Virgil Was Here'"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)