Sekelas Tas Branded, Kenalin Ini Tas Anyaman Berkualitas dari Semarang

Erika Dyah - wolipop Selasa, 03 Agu 2021 11:03 WIB
Rorokenes Foto: Rorokenes
Jakarta -

Produk-produk buatan lokal kini bisa bersaing dengan brand-brand berkualitas internasional, salah satunya produk tas. Hal ini terlihat dari produk tas anyaman kulit dari label Rorokenes asal Semarang.

Salah satu Entrepreneur Heroes BNI, Syanaz Nadya Winanto merupakan Founder sekaligus desainer dari tas-tas Rorokenes yang tak kalah bagusnya dari brand ternama di dunia. Bahkan, Syanaz bercerita produknya pernah ditahan di Rusia akibat otoritas setempat tidak percaya dengan harga yang diberikan Syanaz. Sebab, produk tas miliknya dinilai sekelas dengan brand ternama, Louis Vuitton.

Syanaz mengungkap ia memulai bisnisnya sejak tahun 2014 dengan mempelajari anyaman, jenis kulit, hingga teknik pengerjaannya. Menurutnya, anyaman Indonesia mempunyai banyak sekali motif yang memiliki nilai filosofis tinggi sehingga sangat sayang jika tidak dirawat.

"Pada Rorokenes, anyaman diaplikasikan menggunakan media kulit dan tenun. Di mana anyaman kulit cukup sulit dilakukan, karena kelenturannya dan pada Rorokenes kulit dianyam dengan menggunakan beberapa inspirasi atas beberapa motif anyaman yang ada di Nusantara. Selain itu Rorokenes menggunakan tenun lurik juga," ungkap Syanaz dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (2/8/2021).

Tak hanya mengunggulkan anyaman Indonesia, proses pengerjaan tas-tas dari Rorokenes yang dikerjakan dengan minimal 85% konten lokal ini juga memenuhi prinsip sustainability dan ethical untuk membuat produk lokal yang berstandar internasional.

Syanaz mengaku sangat mengutamakan kualitas dalam produknya. Bahkan, bahan baku yang digunakan pun harus ramah dan terverifikasi atas pengelolaan limbah.

"Vendor pabrik kulit haruslah mempunyai sertifikasi ISO, SNI untuk pengelolaan limbahnya, dan SGS report test. Report ini menyatakan bahwa kimia yang digunakan tidaklah berbahaya untuk kulit manusia. Bahkan, limbah di rumah produksi Rorokenes pun kurang dari 5%, dan limbah kulit maupun tenun disumbangkan pada local crafter untuk dapat di-upcycle oleh mereka," terangnya.

Ingin berkenalan lebih lanjut dengan produk tas dari RorokenesIndonesia dan bagaimana Syanaz menjalankan bisnisnya selama ini? Anda bisa menyimak kisahnya langsung dari Syanaz melalui acara Festival Ide Bisnis by Xpora. Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.


Dengan tema 'Be Young, Be Creative, Be Different!', Syahnaz akan mengisi webinar di hari kelima Festival Ide Bisnis by Xpora. Selain itu, Festival Ide Bisnis by Xpora ini juga akan diisi oleh kisah dari Founder Bali Alus serta dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan pada 3 Agustus 2021 pukul 13.00 secara streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora. Yuk, ikut dan dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI.



Simak Video "Gandeng Komunitas Petani, 3 Bisnis Indonesia ini Jadi Primadona di Mancanegara"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/eny)