Tips Tetap Stylish Sambut Lebaran Meski Secara Virtual

Nurcholis Maarif - wolipop Rabu, 12 Mei 2021 15:27 WIB
Tokopedia Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Antusiasme masyarakat untuk tampil gaya dalam menyambut Lebaran tetap meningkat walau masih dalam situasi pandemi. Hal itu misalnya terlihat dari meningkatnya fesyen muslim yang terjual lewat e-commerce Tokopedia.

Hal itu diakui mitra UMKM Tokopedia yang berbisnis di usaha fesyen, seperti pemilik VAIA, Edgar Maulana dan Affania Fariza Balqis (Fanie). Edgar mengatakan bahwa transaksi tertinggi memang terjadi di bulan Ramadhan.

"Penjualan sepatu kami bisa naik hingga 2x lipat dibandingkan dengan bulan lainnya," terang Edgar dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Dalam rangka menyambut momen Hari Raya Idul Fitri, Tokopedia bersama UMKM lokal, Wearing Klamby dan VAIA pun membagikan tips padu padan busana di Hari Kemenangan di mana acara halalbihalal digantikan secara virtual.

1. Padukan Bold Outfit dengan Jilbab Polos

Menurut Fanie, busana muslim berbahan silk akan tetap menjadi tren selama Lebaran karena terkesan mewah namun tetap nyaman dipakai.

"Memadukan tampilan busana bermotif dengan jilbab polos berwarna pastel dapat memberikan kesan kasual, namun tetap modis di hari Lebaran," ungkap salah satu Pemilik Wearing Klamby, Nadine Gaus.

2. Kompak dengan Baju Sarimbit

Busana muslim seragam atau sarimbit pun bisa menjadi pilihan untuk menambah kekompakan keluarga saat Idul Fitri. Nadine mengatakan Ramadhan ini mereka berinovasi dari sisi produk dan merilis edisi spesial yaitu busana set muslim keluarga.

"Bahkan produk tersebut disambut luar biasa oleh masyarakat sehingga habis terjual dalam waktu kurang dari 1 jam lewat Tokopedia," jelas Pemilik Wearing Klamby, Mohammad Ridho Jufri.

3. Pakai Motif dengan Kesan Mewah

Nadine menambahkan masyarakat bisa memilih bahan dengan brukat, lace atau renda pada busananya sehingga dapat memberikan kesan mewah dan elegan. Motif ini akan terlihat dan berkesan mewah.

4. Pilih Sepatu yang Nyaman dan Elegan

Pastikan sepatu yang dipilih memiliki bahan lembut yang memungkinkan kulit kaki untuk bernapas sehingga nyaman digunakan seharian atau pun untuk foto outfit of the day (OOTD) edisi Lebaran.

"Perhatikan warna sepatu yang digunakan agar serasi dengan atasan. Sepatu dengan payet, seperti sepatu VAIA misalnya, bisa menambahkan kesan anggun pada keseluruhan tampilan," ungkap Fanie.


5. Tambahkan Aksesoris

Baju Lebaran akan semakin lengkap dengan penambahan aksesoris. Kalung, syal bahkan bros dapat menambahkan aksen cantik pada pakaian.

Sementara itu, Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah menjelaskan peningkatan kategori Fashion yang meningkat hingga 3 kali lipat selama bulan Ramadhan ini.

"Ini terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Fashion Muslim di Tokopedia selama bulan Ramadhan 2021 yang mencapai hampir 3 kali lipat dibandingkan bulan sebelum Ramadhan," ungkapnya.

"Transaksi jilbab misalnya, naik hampir 2 kali lipat. Transaksi perlengkapan ibadah melonjak lebih dari 2 kali lipat, sedangkan penjualan set busana muslim keluarga meningkat lebih dari 5,5 kali lipat," imbuhnya.



Simak Video "Tren Fashion Muslim 2021 di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/eny)