Intip Koleksi Baju Lebaran 2021 dari 5 Desainer Ternama Indonesia

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 10 Mei 2021 03:30 WIB
Koleksi Raya 2021 Karya Sapto Djojokartiko Koleksi Raya karya Sapto Djojokartiko untuk Lebaran 2021. (Foto: Dok. Sapto Djojokartiko)
Jakarta -

Lebaran tahun ini masih dirayakan di tengah pandemi. Meski begitu, kebutuhan untuk tampil maksimal dan stylish tetap ada. Sejumlah desainer ternama Indonesia pun menghadirkan koleksi busana Lebaran khusus untuk Idul Fitri 2021.

Ada Sapto Djodjokartiko dengan busananya yang kaya akan detil subtil, lalu Biyan yang terinspirasi oleh kedinamisan budaya Turki yang terefleksikan di pasar tradisionalnya.

Sementara Purana dan Sejauh Mata Memandang menawarkan koleksi busana Lebaran dengan sentuhan etnik modern-kontemporernya. Desainer senior yang telah lama berkecimpung di ranah busana muslim, Itang Yunasz, juga tak ketinggalan.

Berikut koleksi busana Lebaran 2021 mereka selengkapnya:

1. Purana

[Gambas:Instagram]



Masih membawa semangat kolaborasi, Purana kali ini menggandeng brand cokelat lokal Pipiltin untuk koleksi busana Lebaran 2021. "Purana mengambil motif-motif abstrak yang ada di bungkus Pipiltin," kata Nonita Respati, pendiri sekaligus direktur kreatif Purana, kepada Wolipop detikcom.

Warna-warna bungkus Pipiltin yang bernuansa pastel, kata Nonita, juga diangkat karena cocok untuk koleksi modest-wear. Bergaya etnik kontemporer, potongan yang diangkat masih sekitaran lounge-wear.

Pilihan busana yang hadir di antaranya wide pants, oversized shirt, mini dress, outer, hingga gaun kaftan dalam skema warna "earth tone" seperti dark olive, mustard, dan khaki. Kombinasi material viscose dan serat katun yang lembut dan breathable diklaim menambah kenyamanan koleksi ini.

Baca koleksi selengkapnya di sini.

2. Biyan Wanaatmadja

[Gambas:Instagram]



Tradisi silaturahmi dan saling memaafkan saat Hari Kemenangan menginspirasi Biyan untuk koleksi busana Lebaran 2021.

Memasukkan elemen-elemen budaya Turki yang muncul di kemeriahan pasar tradisional negara tersebut, Biyan menawarkan busana berpotongan lurus dan longgar khasnya dalam sapuan warna pastel dan putih.

Warna tersebut seolah melambangkan optimisme Biyan terhadap bangkitnya insan mode Tanah Air yang sempat terpuruk karena pandemi. Adapun koleksi ini merupakan pengembangan dari koleksi musim semi 2021.


3. Sapto Djojokartiko

[Gambas:Instagram]



Desainer Sapto Djojokartiko mempersembahkan koleksi Raya 2021 yang dibuat secara terbatas alias limited edition.

Terdiri dari 35 tampilan busana, koleksi busana Lebaran ini tetap hadir dengan detail-detail khas Sapto yang subtil, dengan lengan bergaya puff dan oversize.

Terdapat pula motif sulaman bernuansa tradisional yang kerap kali muncul di beberapa koleksi Sapto sebelumnya. Sebut saja motif modang, tirto tedjo, lincing, sangkar, kotak, sempur, yayi, truntum, regol, dan arnit.

Adapun pilihan warna cerah seperti papirus, buerre blanc, hummus, parfait, dan eucalyptus dipilih Sapto untuk memancarkan aura kehangatan dan kebahagiaan pada hari kemenangan.

4. Sejauh Mata Memandang

[Gambas:Instagram]



Menyemarakkan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H, Sejauh Mata Memandang (SMM) koleksi Sejauh Daur Dua Puluh Satu dengan putih sebagai warna utama

Sesuai dengan komitmennya sebagai label fashion yang ramah lingkungan, SMM membuat koleksi ini dari bahan daur ulang limbah pra konsumsi tekstil, seperti katun organik, linen, dan tencel.


Masih dengan pakaian bersiluet kain dan busana tradisional Indonesia sebagaimana khas SMM, koleksi Daur juga meliputi varian aksesori seperti selop, tas serbaguna, top dan masker.

SMM bahkan melengkapinya dengan tawaran hampers Lebaran senada yang membawa pesan untuk semakin bijak dalam menggunakan produk fashion.


5. Itang Yunasz

[Gambas:Instagram]



Rutin merilis koleksi busana Lebaran, Itang Yunasz menawarkan sesuatu yang berbeda dari biasanya untuk tahun ini.


Permainan motif masih menjadi daya tarik, hanya saja Itang menghadirkannya dengan nuansa Toile de Jouy. Kombinasi warna yang kontras antara abu-abu dan biru gelap siap untuk memeriahkan Lebaran para pecinta karya Itang Yunasz tahun ini.



Simak Video "Tips Memadu Padankan Batik untuk Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)