Canggih! Sepatu Pintar Untuk Tunanetra, Bisa Deteksi Rintangan saat Berjalan

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 11 Mei 2021 03:30 WIB
InnoMake, sepatu canggih untuk tunanetra Foto: InnoMake
Jakarta -

Sebuah perusahaan asal Austria bernama Tec-Innovation bersama dengan Graz University of Technology telah berhasil menciptakan sebuah sepatu pintar yang bisa mendeteksi hal-hal disekitarnya. Sepatu canggih tersebut nantinya diharapkan bisa membantu para tunanetra agar bisa tetap berjalan dengan aman.

Seperti dikutip dari India Times, sepatu pintar yang diberi nama InnoMake itu memiliki sensor ultrasonik di bagian ujungnya. Sensor tersebut yang nantinya bisa bergetar dan mengeluarkan suara untuk memberi peringatan akan rintangan yang akan dihadapi kepada pemakainya.

Sepatu pintar itu sendiri telah dirancang untuk mendeteksi dua informasi, yaitu sifat hambatan dan jalur arahnya. Markus Raffer, pendiri perusahaan yang juga merupakan seorang tunanetra mengatakan bahwa sensor pada sepatu mampu mendeteksi rintangan hingga jarak 4 meter.

[Gambas:Youtube]



Untuk memperingatkan pemakainya, sensor sepatu akan mengeluarkan getaran dan sinyal akustik. Semakin dekat dengan penghalang atau rintangan, sensor tersebut akan semakin kuat memberikan getaran dan sinyal akustik.

"Ini bekerja dengan sangat baik dan sudah sangat membantu saya secara pribadi. Peringatan bahwa saya menghadapi kendala tidak hanya relevan, tetapi juga informasi tentang hambatan apa yang saya hadapi karena sangat berpengaruh baik itu tembok, mobil atau tangga," jelas Raffer.

Saat ini sepatu pintar itu sudah dipasarkan dan dijual di situs web perusahaan. Untuk sepasang sepatu dibanderol dengan harga sekitar Rp 53 juta.

Walaupun telah dipasarkan namun sepatu tersebut masih akan tetap dikembangkan oleh para peneliti. Rencananya sepatu pintar itu nantinya akan dipasangkan sebuah kamera bertenaga AI (Artificial Intelligence) agar bisa lebih akurat dalam mendeteksi rintangan.

(vio/vio)