Tips Menyimpan Perhiasan Berlian Agar Tak Tergores

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 19 Mar 2021 05:35 WIB
perhiasan hasil kurasi Dian Sastrowardoyo Perhiasan Miss Mondial (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)
Jakarta -

Ada goresan di permukaan perhiasan berlian padahal Anda telah berhati-hati mengenakannya? Bisa jadi cara penyimpanan yang kurang tepat menjadi penyebabnya.

Menurut GM Miss Mondial Jeweler Ferdy Felano, salah satu kesalahan dalam menyimpan perhiasan berlian adalah menggabungkannya dengan perhiasan berlian lain.

"Nggak boleh berlian ketemu berlian, pasti keduanya tergores," kata Ferdy saat jumpa media di Miss Mondial Plaza Indonesia, Kamis (18/3/2021).

Ia mengatakan, berlian merupakan batuan yang paling keras tapi itu bukan berarti berlian tak rentan rusak. Perubahan suhu drastis dari tinggi ke penas bisa merusak berlian.

Karena sama-sama keras, lanjut Ferdy, maka jika Anda memiliki beberapa koleksi perhiasan berlian, sebaiknya disimpan secara terpisah. "Bisa itu di dalam plastik atau boks perhiasan yang memiliki beberapa wadah," kata Ferdy.

Menyimpan perhiasan berlian dengan bebatuan lain juga bukan ide yang baik. "Kalau berlian dicampur blue sapphire misalnya, pasti blue sapphire yang akan tergores. Karena tingkat kekerasannya berada di bawah berlian," tambah Ferdy.

Kesalahan lain yang menurut Ferdy sering terjadi adalah membungkus perhiasan dengan kertas tisu. Tak ada kaitannya dengan goresan dan sebagainya, tapi bisa berakibat fatal.

"Jangan simpan di tisu. Berdasarkan pengalaman, banyak ibu-ibu yang mengira itu sampah. Jadi secara tak sadar, main buang," katanya lagi.

Di luar cara penyimpanan, cara membersihkan perhiasan berlian juga perlu mendapat perhatian. Miss Mondial menyediakan jasa pembersihan dan pencucian berlian agar kemilaunya tetap maksimal.

"Tapi kalau Anda malas keluar, bisa melakukannya sendiri di rumah. Campur sabun cair mandi dan air hangat. Setelah air diaduk, masukkan perhiasan lalu sikat dengan sikat gigi bayi yang lembut," ujarnya.

(dtg/dtg)