Jenis Ukuran Bra dan Cara Mudah Mengukurnya

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 05 Feb 2021 07:30 WIB
Plus size fat mature woman wearing bra with measure tape measuring her chest under breast. Closeup part of female body. Bosom, brafitting and underwear concept. Foto: iStock
Jakarta -

Ukuran bra ternyata sangat penting bagi bentuk payudara kamu agar terlihat kencang. Selain itu menemukan ukuran bra yang tepat juga menghindari kamu dari nyeri punggung, leher dan kepala. Ketika menggunakan ukuran bra yang tidak benar payudara dapat berubah bentuk. Lalu bagaimana cara mengukur payudara? Dan apa saja jenis ukuran bra? Berikut penjelasannya.

Ukuran bra ternyata dapat berbeda-beda dari setiap negara, ukuran Inggris, Amerika, Eropa, Italia, Brasil dan Indonesia sendiri beda lho. Sehingga untuk menemukan ukuran bra yang tepat akan menjadi sangat sulit. Ada dua ukuran utama yang harus dipertimbangkan saat memasang bra yaitu ukuran tali atau lingkar payudara bagian bawah dan ukuran cup.

Cara Mengukur Lingkar Payudara Bagian Bawah

Untuk mendapatkan ukuran tali cara mengukurnya adalah dengan mengukur lingkar payudara bagian bawah. Letak persinya di bawah payudara di area tulang rusuk. Jika di Amerika Serikat, ukuran tali atau lingkar payudara ini biasanya diukur dalam inci, dan label numeriknya (misalnya 30, 32, 34, dan lain-lain).

Plus size fat mature woman wearing bra with measure tape measuring her chest under breast. Closeup part of female body. Bosom, brafitting and underwear concept.Ukuran bra Foto: Getty Images/iStockphoto/Voyagerix

Berikut detail lengkap ukuran lingkar payudara bagian bawah dan konversinya dengan ukuran bra:

Lingkar payudara bagian bawah 60 cm - 66 cm = Ukuran bra 30

Lingkar payudara bagian bawah 66 cm - 71 cm = Ukuran bra 32

Lingkar payudara bagian bawah 71 cm - 76 cm = Ukuran bra 34

Lingkar payudara bagian bawah 76 cm - 81 cm = Ukuran bra 36

Lingkar payudara bagian bawah 81 cm - 86 cm = Ukuran bra 38

Lingkar payudara bagian bawah 86 cm - 91 cm = Ukuran bra 40


Cara Mendapatkan Ukuran Cup Bra

Setelah mengetahui ukuran tali atau lingkar payudara bagian bawah, selanjutnya mengetahui ukuran cup. Cup payudara kamu diukur menjadi alfabet yang sesuai misalnya, A, B, C, D, dan seterusnya.

Cara mendapatkan ukuran cup payudara ini adalah dengan menghitung selisih antara ukuran lingkar payudara bagian bawah dengan ukuran lingkar payudara. Jadi untuk mengetahui ukuran cup bra adalah mengetahui kedua ukuran tersebut.

salah satu produk dari AnaOno Intimates, bra khusus bagi wanita yang pernah menjalani mastektomiCara mendapatkan ukuran cup bra Foto: AnaOno Intimates

Misalnya, jika ukuran payudara kamu 86 cm dan ukuran lingkar payudara bagian bawah 81 cm, maka selisih keduanya adalah 5 cm. Persamaan abjad untuk ini dalam tabel ukuran cup bra di Amerika Serikat adalah B. Jadi dengan lingkar payudara bagian bawah 81 cm dan selisih dengan ukuran lingkar payudara adalah 5 cm maka ukuran bra kamu adalah 36 B.

Berikut detail lengkap ukuran cup bra sesuai selisih yang didapat antara ukuran lingkar payudara dengan dengan ukuran lingkar payudara bagian bawah:

Selisih 0 cm = Cup AA

Selisih 2 cm = Cup A

Selisih 5 cm = Cup B

Selisih 8 cm = Cup C

Selisih 10 cm = Cup D

Selisih 12 cm = Cup E

Selisih 15 cm = Cup F.

Plus size fat mature woman wearing bra with measure tape measuring her chest under breast. Closeup part of female body. Bosom, brafitting and underwear concept.Ukuran bra Foto: Getty Images/iStockphoto/Voyagerix

Cara Tepat Mendapatkan Ukuran Bra dan Cup

Untuk menentukan ukuran bra secara akurat, kamu perlu mengukur ukuran lingkar payudara bagian bawah dan ukuran lingkar payudara kamu dengan menggunakan pita pengukur. Atau kamu bisa meminta bantuan seorang professional atau teman yang dipercaya untuk mengukurnya.

Jika mau mengukurnya sendiri, cara melakukannya sambil berdiri tegak di depan cermin. Perlu diingat saat mengukur kamu tidak boleh menggunakan pakaian atau mengenakan bra ya.

Saat mengukur lingkar dada bagian bawah kamu jangan lupa untuk membulatkan angka belakangnya menjadi bilangan genap terdekat. Saat mengukur usahakan tetap bernapas dengan normal. Sedangkan saat mengukur cup yaitu dengan mengukur lingkar payudara adalah dengan ukur di sekitar payudara bagian atas dan di atas titik tertinggi payudara atau di bagian puting.

Menggunakan ukuran bra yang tepat bukan hanya sekadar soal estetika namun ini penting karena menyangkut kesehatan juga. Jika memakai bra yang tidak pas maka akan membuat kamu mual atau sakit kepala, leher yang pada akhirnya menyebabkan masalah postur tubuh. Jika kamu menggunakan ukuran bra terlalu kecil bisa mengalami sesak napas lebih buruk lagi berdampak negatif pada fungsi sistem limfatik kamu.

Jadi mulai sekarang pastikan kamu memakai bra dengan ukuran yang benar dan tepat. Sehingga kamu mendapatkan postur tubuh dan bentuk payudara yang baik. Semoga cara mendapatkan ukuran bra ini bisa membantu.



Simak Video "Ada-ada Saja! Arief Muhammad Jual Udara Las Vegas"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)