Desainer Pierre Cardin Meninggal Dunia di Usia 98 Tahun

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 29 Des 2020 20:49 WIB
FILE - In this May 3, 2005 file photo, French fashion designer Pierre Cardin presents his exhibition Pierre Cardin meninggal (Foto: AP Photo/Ronald Zak)
Paris -

Desainer legendaris Pierre Cardin meninggal dunia Selasa (29/12/2020). Cardin wafat di usia 98 tahun di Paris, Prancis.

Keluarga Pierre Cardin mengabarkan kepada AFP mengenai meninggalnya sang desainer. Pierre menghembuskan nafas terakhirnya di sebuah rumah sakit di Neuilly, Paris bagian barat.

"Ini adalah hari penuh kesedihan untuk keluarga kami. Pierre Cardin sudah tiada," demikian pernyataan pihak keluarga.

FILE - In this May 3, 2005 file photo, French fashion designer Pierre Cardin presents his exhibition Pierre Cardin bersama para modelnya di acara perayaan 70 tahun dirinya berkarya pada 2016. (AP Photo/Christophe Ena)

Kematian Pierre Cardin ini juga disampaikan oleh organisasi seni French Academy of Fine Arts. Cardin merupakan salah satu anggota organisasi tersebut.

"It is with great sadness that the members of the Academy of Fine Arts announce the death of their fellow member Pierre Cardin," demikian organisasi tersebut menyampaikan kabar duka melalui Twitter.

Pierre Cardin merupakan desainer fashion yang produknya mendunia. Dia menjadi desainer pertama yang bisa membuat brand-nya tak hanya sekadar menjual baju tapi juga produk lainnya mulai dari parfum hingga mobil.

FILE - In this May 3, 2005 file photo, French fashion designer Pierre Cardin presents his exhibition Pierre Cardin pada tahun 1975. (Foto: AP Photo/Ray Stubblebine)

Seperti dikutip dari Reuters, Pierre Cardin dikenal sebagai desainer yang memiliki kemampuan memprediksi bisnis apa yang akan menguntungkan. Dia pun sukses membangun brand-nya Pierre Cardin tanpa meminjam uang atau utang kepada bank.

Ada beberapa sejarah yang dicetak Pierre Cardin semasa hidupnya. Desainer kelahiran 2 Juli 1922 itu menjadi desainer pertama yang bisa menjual koleksi busananya di department store pada akhir 50-an. Cardin juga menjadi yang pertama yang memasuki bisnis lisensi untuk parfum, aksesori dan makanan.

(dtg/dtg)