Terjerat Kasus Kekerasan Seksual, Bos Fashion Kontroversial Ditangkap

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 17 Des 2020 08:15 WIB
FILE - In this March 2, 2014, file photo, Peter Nygard attends the 24th Night of 100 Stars Oscars Viewing Gala at The Beverly Hills Hotel in Beverly Hills, Calif. Nygard faces criminal charges in New York after his Canadian arrest on charges alleging that he dangled opportunities in fashion and modeling to lure dozens of women and girls to have sex with himself and others. The 79-year-old Nygard awaited an appearance in a Winnipeg courtroom after his Monday, Dec. 14, 2020 arrest in Winnipeg, Manitoba, Canada by Canadian authorities at the request of the United States. (Annie I. Bang /Invision/AP, File) Peter Nygard (Foto: Annie I. Bang/Invision/AP)
New York City -

Setelah sempat menjadi pemberitaan karena dituduh menyewa pekerja seks untuk memperkosa anaknya sendiri, Peter Nygard akhirnya ditangkap. Bos fashion asal Kanada ini diamankan atas kasus kekerasan seksual terhadap sejumlah perempuan yang hendak diorbitkannya sebagai model selama 25 tahun.

AP mengabarkan, penangkapan Nygard dilakukan oleh pihak berwajib di Kanada atas permintaan pengadilan Amerika Serikat, Senin (14/12/2020). Tindakan ini merupakan kelanjutan dari operasi FBI yang menggeledah apartemen pria 79 tahun tersebut di Manhattan, New York City, awal tahun ini.

Sebelum penggeledahan tersebut, 10 wanita melayangkan gugatan terhadap Nygard di pengadilan New York atas tuduhan kekerasan seksual.

Menurut pengakuan korban, Peter Nygard membawa mereka ke Bahamas dengan iming-iming uang dan karier di dunia modeling. Setiba di sana, mereka dicekoki alkohol dan narkoba sebelum akhirnya Nygard memperkosa mereka. Menurut dokumen gugatan, beberapa di antara para korban kala itu disebut masih berusia 14 dan 15 tahun.

Pengacara Nygard, Jay Prober, membantah semua tuduhan tersebut. Menurutnya, gugatan itu adalah bagian dari teori konspirasi dari para tetangga miliunernya di Bahama. "Permasalah ini timbul karena ada konspirasi dari seorang miliuner bernama Louis Bacon," ungkap Jay.

BEVERLY HILLS, CA - FEBRUARY 25:  Peter Nygard (L) attends the 17th Annual Night Of 100 Stars Oscar Gala held at the Beverly Hills Hotel on February 25, 2007 in Beverly Hills, California.  (Photo by Chad Buchanan/Getty Images) *** Local Caption *** Peter NygardPeter Nygard (Foto: AFP)

Kasus ini akan berlanjut di persidangan yang rencananya digelar pada 13 Januari 2021. Untuk sementara ini, belum ada jadwal sidang penjaminan bagi Nygard.

Peter Nygard merupakan pengusaha dan pemimpin Nygard International, produsen pakaian wanita yang berdiri sejak 1967. Namun pria berpenampilan eksentrik ini terpaksa mundur dari jabatannya sebagai CEO setelah kantor pusatnya digeruduk polisi untuk melakukan investigasi atas tuduhan perdagangan seksual yang dilaporkan sejumlah wanita.

Agustus lalu, dua anak Nygard melayangkan laporan yang menyebutkan bahwa ayah mereka jadi otak di balik tindak pemerkosaan yang terjadi 14 tahun lalu. Dalam surat tuntutannya Peter Nygard dituduh telah menjebak mereka dengan seorang pekerja seks, untuk memperkosa anak-anak kandungnya.

Peristiwa pemerkosaan itu disebut terjadi ketika keduanya masih remaja dan dalam periode waktu berbeda. Insiden pertama terjadi pada 2004 saat anak pertama berusia 15 tahun. Kemudian 14 tahun kemudian dia diduga melakukan hal yang sama pada anak lelakinya yang lebih muda ketika dia masih berusia 14 tahun di tahun 2018.

Kedua anak Peter Nygard tersebut mengklaim bahwa mereka diperkosa oleh wanita yang sama. Mereka juga menyatakan wanita tersebut merupakan salah satu kekasih sang ayah.

Dalam dokumen laporan yang diterima Pengadilan Negeri Manhattan, pemerkosaan terjadi di beberapa rumah milik pengusaha 79 tahun tersebut. Pada salah satu kasus, Peter diduga minta bantuan pekerja seks yang juga kekasihnya tersebut, untuk membuat anak lelakinya jadi 'pria jantan'.

(dtg/dtg)