Kenalan dengan Putri Samboda, Selebgram Viral Pakai Baju dari Bungkus Indomie

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 10 Nov 2020 18:36 WIB
Putri Samboda yang viral berkat daur ulang Putri Samboda (Foto: Instagram @putrisamboda)
Jakarta -

Nama Putri Samboda mencuri perhatian warganet karena unggahan di akun Instagramnya @putrisamboda. Berkat tangan kreatif Putri, sampah bisa didaur ulang dan menjadi produk fashion yang keren.

Karya-karya Putri menarik perhatian dan banyak dipuji warganet. Dia membuat sepatu hak yang ditambahkan bungkus permen White Rabbit di belakangnya. Kemudian ada celana dari bungkus indomie, tas berbahan karung terigu hingga celana pendek dari bungkus agar-agar.

"Roknya beli di mana," tulis netizen yang takjub dengan hasil karya Putri Samboda. "Omg. kerenn," tulis netizen lain. "Selalu gemes sama ide idenya tuhh," tulis netizen lainnya.

Unggahan Putri Samboda dengan karya-karya uniknya selalu mendapat sambutan positif pengguna Instagram. Followers Putri di Instagram pun kini sudah mencapai lebih dari 12 ribu.

Mengenal Putri Samboda

Putri Samboda saat ini tinggal di Washington D.C., Amerika Serikat. Diwawancara Wolipop, Putri pun mengungkapkan cerita di balik karya-karya fashion uniknya yang terbuat dari bungkus bekas makanan seperti Indomie, permen hingga kaleng biskuit.

Putri mengatakan sejak 2018 dia sebenarnya sudah mulai mendaur ulang sampah bekas makanan. Pada saat itu dia membuat tas dari bekas kaleng biskuit Khong Guan. Namun karena sibuk dengan kegiatannya yang lain, aktivitas membuat produk fashion dari bekas kemasan makanan itu tak dilanjutkannya.

Putri Samboda yang viral berkat daur ulangPutri Samboda yang viral berkat fashion daur ulang. Foto: Instagram @putrisamboda

"Baru mulai lagi waktu quarantine kemarin, aku nggak ada kegiatan. Pas lagi wardrobe cleansing nemu banyak clothing yang sudah nggak terpakai dan kalau dibuang sayang. At first aku cuma tempel-tempel bungkus permen susu ke sepatu karena takut rusak. Tapi lama-lama aku gunting-gunting juga sepatu, baju, dan lainnya untuk eksperimen. Kalau celana dari Indomie aku bikin iseng-iseng aja untuk match sama plat mobilku, ternyata pada suka," ungkap Putri Samboda ketika berbincang dengan Wolipop, Rabu (4/11/2020).

Karya fashion Putri ini banyak mendapat pujian karena dia memakai material atau bahan yang tidak biasa digunakan. Namun menurutnya busana berbahan plastik ini sesuatu yang umum dan sudah banyak dibuat desainer dunia.

"Sudah banyak yang upcycling food packaging jadi aksesori baju, contohnya ibu-ibu di Desa Sukunan or even designers seperti Jeremy Scott atau Moschino. For me I'm just combining these ideas with my own style. Tapi inti konsepnya sih mengombinasi high fashion brands dan barang recehan dan nggak keliatan norak," kata Putri yang tengah menyelesaikan studinya di Amerika Serikat.

Dalam membuat produk fashion unik ini, Putri memanfaatkan bahan yang tersedia di rumahnya. Tapi terkadang ada juga bahan yang ia cari terlebih dahulu seperti karung tepung, rantai dan gayung.

Putri Samboda yang viral berkat daur ulangPutri Samboda yang viral berkat fashion daur ulang Foto: Instagram @putrisamboda

Tantangan Membuat Tas Hingga Baju dari Bungkus Makanan

Putri Samboda tertarik membuat produk fashion dari bungkus bekas makanan karena pada dasarnya dia adalah orang yang tidak suka terlihat monoton. Dia juga tak melulu mengikuti tren fashion.

"Aku sering ngerasa bosen sama wardrobe yang aku punya dan fast fashion industry in general. Basically I'm just combining two things I like: food dengan fashion," katanya.

Menghasilkan tas hingga baju dari barang bekas, diakui Putri Samboda bukan sesuatu yang mudah. Apalagi dia melakukannya tanpa panduan atau tutorial dari orang lain.

"Different creations pasti ada different challenges karena semuanya aku yang bikin dan nggak ada tutorialnya atau panduannya. Jadi problems and solutions harus dipikir sendiri. I think the biggest challenge dalam proses pembuatan itu merealisasikan ide kita," tuturnya.

Putri mencontohkan ketika dia membuat bucket hat dari bungkus McDonald's, dia harus mengulang hingga tujuh kali. Ada saja menurutnya hal yang salah seperti jahitan kurang rapi atau pola yang tidak cocok.

"Susahnya sih karena materialnya asing jadi harus banyak eksperimen," ucapnya lagi.

Dipuji dan Dinyinyirin Netizen

Penampilan Putri Samboda memakai produk fashion dari bungkus mie instant, karung terigu hingga bungkus permen rupanya tak hanya banjir pujian netizen. Kata Putri ada saja netizen yang usil memberikan komentar negatif di Instagramnya. Namun dia memilih tak ambil pusing dengan hal tersebut.

"Sering kok dapet negative comments. Tapi aku paham sih karena my style is different, nggak di semua orang bisa masuk. I don't take it personally. Some people just like to hate when they can't create. Aku juga lebih fokus ke positive responses which I'm very grateful for! Selama aku nggak mencuri ide orang lain dan merugikan orang lain aku sih cuek aja," tegasnya.

Selain dari netizen, Putri juga pernah mendapat komentar tidak enak dari eyangnya. Namun kini sang nenek dan keluarganya sudah memahami bahwa dirinya memiliki passion dalam hal fashion.

"Kalau dulu eyangku sengit liatnya setiap aku pakai, kayanya sih malu ya. Aku dulu juga mau study fashion but my family suruh aku sekolah business, jadi sekarang sudah pada paham. Kalau temenku support semua!!! My friends keep me going karena selalu kasih positive feedback," ujarnya.

Putri Samboda yang viral berkat daur ulangTopi dari bungkus McDonalds buatan Putri Samboda yang viral. Foto: Instagram @putrisamboda

Bagi kamu yang ingin mencoba mendaur ulang sampah menjadi produk fashion seperti Putri Samboda, wanita yang berasal dari Yogyakarta ini berbagi tips. Kata Putro, mulailah dengan melihat lingkungan sekitar. Hal apa dari lingkungan sekitar kamu yang bisa kamu lakukan agar menjadi lebih baik.

"Start from your surrounding, create a solution to the problems you see. Untuk aku upcycling is a healthy way untuk menyalurkan dan mengekspresikan ide. And it's a way to keep my creativity going. I hope it could be a fun activity for other people too! Jangan lupa juga untuk selalu cek sumber inspirasi dan selalu kasih credits untuk apresiasi. Sering kali kita ngeliat sesuatu di internet dan secara nggak sadar itu menjadi sumber inspirasi kita. Basically we have to stay alert and always give credits," tutur Putri Samboda panjang lebar.



Simak Video "Bikin Baju dari Tas Louis Vuitton dan Gucci, Wanita Filipina Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)