Berlian Terlangka di Dunia Dilelang, Harga Capai Rp 530 Miliar

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 09 Nov 2020 12:14 WIB
An ultra-rare 14.83-carat diamond that is one of the largest internally flawless fancy vivid purple-pink gem ever graded by the Gemological Institute of America is displayed by a model at a Sothebys auction room in Hong Kong Monday, Oct. 12, 2020. The diamond will sale in Geneva on Nov. 11. (AP Photo/Vincent Yu) "The Spirit of the Rose", berlian pink terlangka di dunia, yang akan dilelang di Sotheby's. (Foto: AP/Vincent Yu)
Jenewa -

Pernah terbayang seperti apa penampakan berlian seharga ratusan miliar rupiah? Mungkin Anda harus melihat berlian langka yang akan dilelang ini.

Balai lelang Sotheby's bakal melelang sebuah berlian pink yang disebut-sebut sangat langka jenisnya di dunia.

Dinamai The Spirit of the Rose seperti nama sebuah pertunjukan balet terkenal asal Rusia, berlian 14,83 karat ini disebut-sebut terbesar yang pernah ada dalam kategori "fancy vivid purple-pink" di Sotheby's.

"Keberadaan berlian pink sangat langka, baik dalam ukuran apapun. Hanya satu persen dari semua jenis berlian pink berukuran dari 10 karat," kata Benoit Repellin, kepala divisi lelang perhiasan Sotheby's, dalam keterangan resminya, seperti dilansir dari AFP, Senin (9/11/2020).

The Spirit of the Rose diketahui ditemukan di Rusia. Produsen berlian bernama Alrosa asal Rusia yang menggali berlian pink ini pada 2017 di Republic of Sakha yang berada di timur Rusia.

Menurut Benoit Repellin, kepala lelang perhiasan mewah Sotheby's, proses pemolesan berlian tersebut memakan waktu hingga bertahun-tahun.

Sotheby's akan mulai melelang berlian ini pada 11 November mendatang di Sotheby's Jenewa, Swiss. Harganya diperkirakan akan mencapai US$ 38 juta atau sekitar Rp 530 miliar.

Sebelumnya, ada berlian Pink Star yang merupakan salah satu berlian terbesar di dunia dan paling sempurna yang pernah dilelang. Berlian ini memecahkan rekor penjualan termahal dengan harga US$ 71,2 Juta atau Rp 949 miliar pada 2017.

Berlian 59,6 karat yang berbentuk oval ini dilelang di Sotheby's Hongkong. Kala itu, penawaran dimulai dengan harga US$ 56 Juta atau Rp 746 miliar untuk sebuah berlian yang ditemukan oleh De Beers di sebuah tambang Afrika pada 1999.

Menurut BBC seperti dilansir Huffington Post, berlian Pink Star ini dibeli oleh pengusaha perhiasan Chow Tai Fook hanya lima menit setelah dilelang. Batu itu disebut sebagai berlian sempurna terbesar dan termewah dengan warna merah muda yang pernah dinilai oleh Gemological Institute of America.



Simak Video " Wujud Masker Rp 22 Miliar Bikinan Israel Berlapis Emas dan Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)