Lebih Ramah Lingkungan di Koleksi Uniqlo Spring-Summer 2020

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 21 Jan 2020 19:45 WIB
Koleksi Uniqlo Spring-Summer 2020 yang ramah lingkungan. Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Jakarta - Industri fashion masih menjadi salah satu penyumbang limbah terbesar di dunia. Di Amerika Serikat saja, sebagaimana dikabarkan New York Times, sampah tekstil di tempat pembuangan akhir hampir mencapai 85 persen setiap tahunnya.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk meminimalisir limbah fashion, salah satunya menciptakan koleksi pakaian yang ramah lingkungan atau sustainable. Seperti yang dilakukan Uniqlo beberapa tahun terakhir. Koleksi Spring-Summer 2020 yang baru dirilis baru-baru ini lantas kembali mempertegas komitmen perusahaan fast fashion dari Jepang tersebut.



Koleksi terbaru Uniqlo ini terdiri dari tiga kategori utama, yakni Outdoors, Work & Craft dan Art & Design. Masing-masing mewakili gaya hidup kaum urban yang berporos pada sustainability.

Kategori Work & Craft misalnya terinspirasi dari tren bercocok tanam di hunian perkotaan. "Orang-orang misalnya berkebun di rooftop. Konsep pertanian di kota ini diyakini bisa mengurangi konsumsi karbon dan menekan limbah makanan," kata Mely dari bagian Merchandising Planning Uniqlo Indonesia di sela acara peluncuran koleksi Uniqlo Spring-Summer 2020 di Alila SCBD, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Koleksi Uniqlo Spring-Summer 2020 yang ramah lingkunganKoleksi Uniqlo Spring-Summer 2020 yang ramah lingkungan Foto: Daniel Ngantung/Wolipop


Material pun diklaim mewakili konsep ramah lingkungan, misal dengan pemakain bahan kombinasi linen dan viscose. Percampuran material tersebut menciptakan pakaian dengan tekstur yang lebih lembut dan terasa ringan. "Siluetnya terlihat jatuh di badan sehingga menciptakan kesan yang ramping," tambah Mely.

Terdapat pula beberapa produk denim yang prosesnya disebut tak berbahaya bagi lingkungan. Untuk musim ini, Uniqlo juga kembali merilis koleksi Dry Ex yang merupakan kelanjutan kerjasamanya dengan Toray Industries. Kolaborasi tersebut menghasilkan pakaian olahraga yang terbuat dari botol plastik bekas. Sebagai produk olahraga, baju Dry Ex menjadi andalan beberapa atlet yang disponsori Uniqlo seperti petenis legendaris Roger Federer.



Simak Video "Ini Nih Sepatu Eco Material yang Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/agm)